PENYELESAIAN TINDAK PIDANA RINGAN MELALUI KEARIFAN LOKAL DI WILAYAH KABUPATEN LAHAT

YOGI ARWANSI, NIM. 502018392 (2022) PENYELESAIAN TINDAK PIDANA RINGAN MELALUI KEARIFAN LOKAL DI WILAYAH KABUPATEN LAHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018392_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
502018392_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
502018392_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
502018392_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
502018392_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
502018392_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
502018392_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Melalui Kearifan Lokal Di Wilayah Kabupaten Lahat. Adapun permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana wujud penyelesaian perkara Tindak Pidana Ringan melalui kearifan lokal di wilayah Kabupaten Lahat? 2.) Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam menyelesaikan perkara Tindak Pidana Ringan melalui kearifan lokal di wilayah Kabupaten lahat? Penelitian ini merupakan penelitian hukum Empiris dengan menggunakan metode Antropologi Hukum dan pendekatan Sosiologi Hukum. Hasil dari pendekatan ini menunjukan bahwa wujud penyelesaian perkara Tindak Pidana Ringan melalui kearifan lokal di wilayah Kabupaten Lahat diselesaikan dengan cara kekeluargaan atau disebut dengan Bahasa Daerah Berasan. Berasan dilakukan dengan cara mempertemukan kedua belah pihak di suatu rumah dengan tujuan agar keseimbangan yang semula terganggu dapat kembali pulih. Adapun faktor yang dihadapi dalam menyelesaikan perkara Tindak Pidana Ringan di Kabupaten lahat terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu faktor masyarakat, masyarakat masih minim mengenai pengetahuan tentang hukum, faktor ekonomi, dan proses penyelesaian perkara melalui hukum adat tidak terlalu lama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor hukum, faktor sarana dan prasarana, faktor keinginan keluarga dekat korban, faktor terdapatnya kata tidak sepakat dari kedua belah pihak, dan faktor ekonomi. Penyelesaian melalui proses Berasan ini bertujuan agar kembali menyeimbangkan tatanan masyarakatyang terganggu. Kata Kunci : Tindak Pidana Ringan, Kearifan Lokal, Kabupaten Lahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr. Reny Okprianti, SH., M. Hum 2.Dr. Serlika Aprita, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tindak Pidana Ringan, Kearifan Lokal, Kabupaten Lahat.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:42
Last Modified: 18 Oct 2022 07:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.