PEMANFAATAN ARDUINO UNO PADA SISTEM AKUAPONIK UNTUK PAKAN IKAN LELE OTOMATIS BERBASIS SOLAR CELL

IMAM WAHYUDI PRATAMA, NIM. 132018066 (2022) PEMANFAATAN ARDUINO UNO PADA SISTEM AKUAPONIK UNTUK PAKAN IKAN LELE OTOMATIS BERBASIS SOLAR CELL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img] Text
132018066_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
132018066_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
132018066_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
132018066_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
132018066_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
132018066_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
132018066_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
132018066_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN ARDUINO UNO PADA SISTEM AKUAPONIK UNTUK PAKAN IKAN LELE OTOMATIS BERBASIS SOLAR CELL Imam Wahyudi Pratama *Email: imamwp066@gmail.com Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini semakin pesat serta diperlukan evaluasi yang dilakukan untuk perubahan agar mampu bersaing dengan negara-negara lain, maka dari itu pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang peternakan perlu dilakukan baik dalam sarana maupun prasarana. Berbagai jenis hewan ternak ikan serta media pemeliharaannya menjadi pilihan untuk di kelola oleh sebagian orang. Namun saat ini yang menjadi permasalahan adalah proses pemberian pakan ternak ikan yang dilakukan masih dengan cara manual maka dari itu diperlukan pengembangan dalam pemberian pakan, dengan perancangan alat pemberian pakan hewan ternak ikan secara otomatis. Pemeliharaan ikan dalam kolam di rumah maupun di kantor adalah suatu hobi atau kegemaran seseorang untuk sebagai hiasan yang dapat memberikan nuansa damai, rileks, dan menyenangkan, aktivitas manusia yang begitu padat bahkan seringkali dilanda stres akibat terpaan berbagai macam urusan dapat terurai dengan melihat gerak-gerik ikan didalam kolam. Pemberian pakan adalah hal yang paling utama dalam pemeliharaan ikan pada akuarium, pemberian pakan yang tepat dan teratur akan menjadikan ikan sehat dan terlihat aktif bergerak, pada pemberian pakan yang tepat dan teratur akan menjadikan ikan sehat dan terlihat aktif bergerak. Kesibukan manusia terkadang tidak memiliki waktu untuk memberikan pakan secara teratur, sehingga membuat ikan peliharaan banyak yang mati. Oleh karena itu sangat penting untuk dibuatkan sistem pemberian pakan ikan secara otomatis, sehingga ikan di dalam akuarium dapat hidup secara wajar tanpa perlu kita terlibat langsung dalam pemberian pakan pada ikan tersebut Penelitian menggunakan arduino uno sebagai kontrollernya, RTC Ds3231 sebagai pengingat kapan jadwal pakan ikan akan ditumpahkan pada kolam uji, serta motor servo sebagai akuator untuk membuka atau menutup celah di bawah wadah pakan ikan dan Lcd I2C untuk menampilkan waktu dalam bentuk display. Kata Kunci: Pemanfaatan, Arduino Uno, Rtc Ds3231, Motor Servo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 Ir. Eliza M.T Pembimbing 2 Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemanfaatan, Arduino Uno, Rtc Ds3231, Motor Servo
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:28
Last Modified: 18 Oct 2022 04:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23074

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.