IDENTIFIKASI KESESUAIAN SOAL BUATAN GURU IPA DENGAN KATEGORI SOAL HOTS TINGKAT SMP DI KECAMATAN MAKARTI JAYA

NURAINI, NIM.93218007 (2022) IDENTIFIKASI KESESUAIAN SOAL BUATAN GURU IPA DENGAN KATEGORI SOAL HOTS TINGKAT SMP DI KECAMATAN MAKARTI JAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
93218007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
93218007_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
93218007_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93218007_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
93218007_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
93218007_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
93218007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
93218007_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Higher order thinking skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan bagian dari taksonomi Bloom hasil revisi yang berupa kata kerja operasional yang terdiri dari analisis (C4), evaluasi (C5) dan mencipta (C6) yang dapat digunakan dalam penyusunan soal (Kemendikbud, 2017:3). HOTS sangat erat hubungan dengan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat esensial dalam semua aspek kehidupan, tak terkecuali di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian soal IPA buatan guru IPA SMP dengan kategori soal HOTS di sekolah Pertama sekecamatan Makarti Jaya. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah kecamatan Makarti Jaya pada bulan Mei-April 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan datapada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan analisis. Hasil analisis soal pada penelitian ini berdasarkan taksonomi bloom dan diperoleh hasil C1 46,25 %, C2 39,08 %, C3 12,05 %, C4 2,61% dan C4, C5 0%. Dari 307 soal yang dianalisis yang terkategori HOTS berjumlah 8 soal saja, dengan rincian berkategori C1 142 soal, berkategori C2 120 soal, berkategori C3 37 soal dan berkategori C4 8 soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. 2. Dr. Astrid S.W. Sumah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: HOTS, Taksonomi Bloom, Soal IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2022 00:44
Last Modified: 18 Oct 2022 00:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.