STRATEGI DAKWAH DA’I DALAM MEMBENAHI PEMAHAMAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA MASYARAKAT DESA SIMPANG PELABUHAN DALAM KAB. OGAN ILIR

ARIF WAHYUDI, NIM. 612016034 (2020) STRATEGI DAKWAH DA’I DALAM MEMBENAHI PEMAHAMAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA MASYARAKAT DESA SIMPANG PELABUHAN DALAM KAB. OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (883kB) | Preview
[img] Text
612016034_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
612016034_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arif wahyudi (612016034) skripsi dengan judul “Strategi Dakwah Da’i Dalam Membenahi Pemahaman Nilai-Nilai Ajaran Islam Pada Masyarakat Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kab. Ogan Ilir”, yang menjadi dasar rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi dakwah yang dilakukan da‟i kepada masyarakat dalam membenahi pemahaman nilai-nilai ajaran Islam di desa Simpang Pelabuhan Dalam Kab. Ogan Ilir? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah da‟i dalam membenahi pemahaman nilai-nilai ajaran Islam masyarakat desa Simpang Pelabuhan Dalam Kab. Ogan Ilir?. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan da‟i di tengah masyarakat yang masih banyak belum memahami nilai-nilai ajaran Islam yang sesuai pedoman al-Qur‟an dan sunnah serta masih banyaknya masyarakat yang melakukan ritual perbutan kesyirikan, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah yang dilakukan da‟i kepada masyarakat desa Simpang Pelabuhan Dalam Kab. Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang bertujuan melukiskan secara sistematik fakta dan karekteristik bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan menggambarkan keadaan sebenarnya. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan da‟i di desa Simpang Pelabuhan Dalam Kabupaten Ogan Ilir meliputi; strategi sentimental, strategi dakwah perbaikan fasilitas sarana ibadah, strategi dakwah ta‟lim atau pengajian, strategi dakwah bil-hal, dan strategi dakwah merintis kegiatan adat bernuansa Islami. Kemudian, faktor pendukung dan penghambat dakwah yang dilakukan da‟i pada masyarakat desa Simpang Pelabuhan Dalam yaitu: pertama, faktor pendukung dakwah da‟i diantaranya adalah sumber daya manusia (SDM) yang aktif dalam kegiatan-kegiatan yang di adakan da‟i, lalu adanya aktivis remaja masjid yang membantu aktivitas dakwah da‟i, kemudian adanya kegiatan pengabdian jaulah da‟i yang ditugaskan untuk berdakwah ke daerah-daerah salah satunya di desa Simpang Pelabuhan Dalam Kab. Ogan Ilir. Kedua, faktor penghambat da‟i diantaranya yaitu faktor lingkungan yang kurang baik dan faktor ekonomi menengah ke bawah serta pendidikan yang rendah. Kata kunci : Strategi Dakwah, Faktor Pendukung dan Penghambat Dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Helyadi, S.H., M.Hum 2. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Faktor Pendukung dan Penghambat Dakwah.
Subjects: Hukum Islam
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:04
Last Modified: 14 Oct 2022 01:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.