STUDI FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI DAN ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BUAH KOPI MENJADI BUBUK KOPI LUWAK DI DESA TEMU KARYA KELURAHAN PADANG TEMU KECAMATAN DEMPO TENGAH KOTA PAGARALAM

DIAN PRATAMA, NIM. 412015108 (2022) STUDI FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI DAN ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BUAH KOPI MENJADI BUBUK KOPI LUWAK DI DESA TEMU KARYA KELURAHAN PADANG TEMU KECAMATAN DEMPO TENGAH KOTA PAGARALAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015108_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412015108_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN DIAN PRATAMA. Studi Faktor yang Melatar Belakangi dan Analisis Nilai Tambah dan Pengolahan Buah Kopi Menjadi Bubuk Kopi Luwak di Desa Temu Karya Kelurahan Padang Temu, (dibimbing olehHARNIATUN ISWARINIdan RAHMAT KURNIAWAN) Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor apa yang melatar belakangi dan menganalisis nilai tambah pengolahan buah kopi menjadi bubuk kopi luwak. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Temu Karya Kelurahan Padang Temu Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam pada bulan November 2021.Metode peneltian yang digunakan adalah Survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan sengaja (purposive sampling), dimana penelitian ini terdapat 1 contoh home industry yaitu JHON FIKRY sebagai responden yang menjadi sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya serta data-data yang didapat dari lembaga-lembaga terkait yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Faktor yang melatar belakangi pengolahan buah kopi menjadi bubuk kopi luwak yakni ketersedianya bahan baku yang melimpah, Harga nilai jual bubuk kopi luwak yang tinggi dan adanya modal. Metode pengolahan data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, selanjutnya untuk menghitung nilai tambah menggunakan rumus nilai tambah.Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap satu kali produksi memiliki nilai tambah dan keuntungan. Untuk nilai tambah buah kopi menjadi bubuk kopi luwak sebesar Rp.185.000/Kg dan keuntungan yang di dapat dalam satu kali proses pengolahan buah kopi menjadi bubuk kopi luwak yakni sebesar Rp. 118.000 Kg sedangkan ratio nilai tambah sebesar 0,79 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si. 2. Rahmat Kurniawan, S.P.,M.Si.
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:39
Last Modified: 12 Oct 2022 03:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.