KINERJA GURU DALAM MENYIAPKAN DAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SRI ANDRIANI, NIM. 93218005 (2021) KINERJA GURU DALAM MENYIAPKAN DAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93218005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_...pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
93218005_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
93218005_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
93218005_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93218005_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
93218005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
93218005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
93218005_Cover_sampai_Lampiran_...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kinerja Guru Dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sri Andriani Sri Andriani. 2021. Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si, (II) Prof.Dr. Indawan, M.Pd Abstrak Guru memegang peran besar dalam keberhasilan proses pembelajaran, maka kinerja guru sangat penting. Kinerja guru dapat dilihat dari bagaimana guru merencanakan pembelajaran yang tertuang dalam dokumen RPP yang disusun guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendekripsikan bagaimana perilaku guru saat menyusun RPP, bagaimana pengetahuan dan sikap guru dalam menyiapkan dan menyusun RPP, dan bagaimana kesesuaian RPP yang disusun guru dengan kurikulum 2013. Subjek penelitian berjumlah 15 orang guru biologi SMA di Kabupaten OKU. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menginformasikan bahwa: 1) perilaku guru dalam menyiapkan dan menyusun RPP sebagian besar belum mandiri, hanya mengandalkan RPP yang diperoleh dari pihak lain seperti hasil download dari internet, selanjutnya RPP yang dijadikan referensi disalin atau diadopsi saja, dalam menyalin atau mengadopsi dokumen RPP ini sebagian guru ada yang menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan kelas masing-masing. Adapun komponen RPP yang dominan disalin atau diadopsi guru dari RPP pihak lain adalah perumusan indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, penentuan metode atau model pembelajaran dan sintaks pembelajaran. 2) Guru memiliki pengetahuan yang baik tentang RPP serta langkah-langkah penyusunannya, dan guru menyiapkan dan menyusun RPP setiap awal semester atau awal tahun ajaran yang dikumpulkan kepada pihak sekolah. 3) Kualitas RPP yang disusun guru secara langsung dalam penelitian ini memiliki rata-rata nilai 5 dengan kategori nilai kurang. Kekurangan penilaian ini terutama pada aspek perumusan IPK, sebagian besar guru merumuskan indikator pada RPP kurang dari level tagihan minimal atau satu level di bawah tagihan KD, dan sebagian besar guru tidak merumuskan indikator keterampikan, guru hanya fokus pada indikator pengetahuan. Selanjutnya pada tujuan pembelajaran dirumuskan guru kurang dari aspek audience, behaviour, condition, dan degree (ABCD), dan tidak runtut, guru hanya menuliskan aspek audience, behaviour (AB). Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menyusun RPP adalah menentukan model dan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan, menentukan sintaks kegiatan pembelajaran dan mengembangkan indikator pencapaian kompetensi (IPK). Kata Kunci: Kinerja, Guru, RPP

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Prof. Dr. Indawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Guru, RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2022 00:23
Last Modified: 06 Oct 2022 00:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.