STUDI TENTANG KEWARISAN MASYARAKAT DESA SEBUBUS KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN MENURUT HUKUM ISLAM

Liya Sari, 632018011 (2022) STUDI TENTANG KEWARISAN MASYARAKAT DESA SEBUBUS KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632018011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632018011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
632018011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
632018011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
632018011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
632018011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
632018011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
632018011_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Liya Sari, 632018011, Studi Kewarisan Masyarakat Desa Sebubus Kec. Air Kumbang, Kab. Banyuasin Menurut Hukum Islam. Skripsi. Fakultas : Agama Islam Prodi : Ahwal Syakhsiyyah. Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi ini berkenaan dengan salah satu hukum yang diajarkan dalam agama Islam yaitu Hukum Kewarisan Islam. Dalam Pembagian harta warisan merupakan suatu permasalahan yang sangat rentan terjadinya konflik dalam sebuah keluarga. Berdasarkan penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem kewarisan masyarakat Desa Sebubus Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembagian harta warisan dan untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam terhadap kewarisan masyarakat Desa Sebubus Kec. Air Kumbang, Kab. Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang dijadikan sumber, yaitu: Data primer adalah data pokok yang bersumber langsung dari tokoh agama dan masyarakat di Desa Sebubus Kec. Air Kumbang, Kab. Banyuasin. Sedangkan data sekunder adalah data penunjang yang bersumber dari buku-buku seperti: Kitabullah (Al-Qur’an) dan Sunnah Nabawiyah ( Al-Hadits) dan lain-lain. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Bahwasanya sistem kewarisan yang dipakai oleh masyarakat Desa Sebubus Kecamatan Air Kumbang, Kab Banyuasin ialah sistem kewarisan individual yaitu harta dibagi secara perorangan dan dilakukan sebelum muwaris meninggal. 2) Adanya faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembagian warisan ialah adanya rasa atau keinganan di antara ahli waris untuk menguasai harta warisan sepenuhnya. Dan faktor pendukungnya ialah terletak pada orangtua karena mempunyai hak kekuasaan sepenuhnya dalam pembagian warisan. 3) Pandangan hukum Islam terhadap kewarisan masyarakat Desa Sebubus Kec. Air Kumbang, Kab. Banyuasin berbeda dengan aturan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Drs. Antoni Selani, M.H.I 2. Nur Azizah, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kewarisan, Pandangan, Hukum Islam
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 05 Oct 2022 00:51
Last Modified: 05 Oct 2022 00:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.