FUNGSI PERJANJIAN INTERNASIONAL TERHADAP KEMAJUAN DAN PERKEMBANGAN SUATU NEGARA

RIO FEBRIANSYAH, NIM. 502018106 (2022) FUNGSI PERJANJIAN INTERNASIONAL TERHADAP KEMAJUAN DAN PERKEMBANGAN SUATU NEGARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018106_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018106_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
502018106_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
502018106_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
502018106_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
502018106_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018106_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adapun yang menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut Bagaimanakah fungsi Perjanjian Internasional terhadap kemajuan dan perkembangan suatu negara dan Apakah akibat hukumnya jika suatu negara tidak melaksanakan Perjanjian Internasional. Dalam penelitiannya, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat normatif (normative research) dengan mempergunakan data sekunder berupa penelitian kepustakaan (library research) dengan mengkaji ketentuan perundang-undangan beserta peraturan-peraturan pelaksanaannya yang mempunyai hubungan langsung dengan permasalahan dalam penulisan skripsi ini. Penulis juga menggunakan metode penelitian yang bersifat sumber data yang berasal dari data sekunder seperti; memahami berbagai teori dalam literatur, undang-undang, majalah dan data lainnya. Yang kemudian data yang telah diperoleh tersebut dikumpulkan untuk dapat dirumuskan ke dalam suatu kesimpulan. Fungsi perjanjian internasional terhadap kemajuan dan perkembangan suatu negara adalah sebagai berikut:a. Agar suatu negara sebagai masyarakat internasional, mendapatkan pengakuan secara umum di dalam pergaulan Internasionalnya, Perjanjian Internasional berfungsi sebagai salah satu sumber hukum,apabila terdapat sengketa-sengketa Internasional, Perjanjian Internasional berfungsi sebagai sarana untuk menyelesaikan konflik/sengketa yang terjadi dalam pergaulan Internasional. Akibat hukum suatu negara yang tidak melaksanakan perjanjian internasional adalah Negara yang tidak menaati isi dari Perjanjian Internasional yang telah disepakati,akan mendapatkan sanksi, baik moral maupun sanksi lainnya. Sanksi moral misalnya negara-negara tersebut akan dikucilkan dari pergaulan Internasional dan dapat diajukan ke Mahkamah Internasional. Akibat dari tidak dilaksanakannya dari Perjanjian Internasional yang telah disepakati, negara tersebut akan dihilangkan hak-hak dan kewajiban Internasionalnya. Antara lain akan diberikan pembatasan perdagangan,tidak akan diikut sertakan di dalam kegiatan-kegiatan internasional,akan dilakukan embargo,blokade,serta intervensi oleh pihak yang berwenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Arief Wisnu Wardhana, SH., M.Hum 2. Hendri S, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Internasional, Kemajuan dan Negara
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Negara dan Bangsa
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:36
Last Modified: 04 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.