KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI PLANTAE KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ENDANG SAFITRI, NIM. 342018013 (2022) KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI PLANTAE KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018013_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342018013_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342018013_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342018013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
342018013_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
342018013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
342018013_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
342018013_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru hanya menggunakan PPT, dan buku cetak. Selain itu media pembelajaran yang digunakan belum mengintegrasikan nilai-nilai islam khususnya mata pelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, dan kepraktisan oleh respon peserta didik terhadap media pembelajaran audio visual berbasis canva terintegrasi nilai Islam materi plantae kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Development Reseach) yang mengacu pada model 4D (Four-D), menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahapan model 4D terdiri dari (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Development karena hanya ingin melihat sampai tahap kelayakan. Subjek penelitian terdiri dari 15 orang peserta didik, 2 praktisi, dan 4 validator dosen ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli bahasa, ahli media, ahli materi, ahli nilai Islam, praktisi, lembar angket kepraktisan oleh respon peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan kepraktisan respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa video pembelajaran berbasis canva terintegrasi nilai Islam. Hasil penelitian oleh ahli bahasa diperoleh total skor 47 kategori sangat layak, ahli media diperoleh total skor 35 kategori layak, ahli nilai Islam diperoleh total skor 18 kategori sangat layak, ahli materi diperoleh total skor 28 kategori cukup layak, praktisi diperoleh total skor 104 kategori sangat layak, dan hasil kepraktisan oleh respon peserta didik diperoleh total skor 67,20 kategori sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis canva terintegrasi nilai Islam yang dikembangkan sudah layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat dilanjutkan ketahap berikutnya yaitu tahap Disseminate. Kata kunci: Media Pembelajaran, canva, nilai Islam, plantae

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Hendra, S.Pd., M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, canva, nilai Islam, plantae
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:46
Last Modified: 28 Sep 2022 00:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.