PERTANGGUNGJAWABAN PENGHASUT UNTUK MELAKUKAN UNJUK RASA YANG BERAKIBAT ANARKIS

ZAKA ANUGRAH, NIM. 502018152 (2022) PERTANGGUNGJAWABAN PENGHASUT UNTUK MELAKUKAN UNJUK RASA YANG BERAKIBAT ANARKIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
1. 502018152_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 502018152_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
3. 502018152_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
4. 502018152_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
5. 502018152_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
6. 502018152_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
7. 502018152_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PERTANGGUNGJAWABAN PENGHASUT UNTUK MELAKUKAN UNJUK RASA YANG BERAKIBAT ANARKIS Oleh Zaka Anugrah Demostrasi adalah salah satu hak setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasi dimuka umum tentang permasalahan negara yang dianggap tidak berpihak kepada keadilan masyarakat. Menyampaikan aspirasi dimuka umum memiliki syarat dan aturan yang harus dipenuhi, jika unsur-unsur yang telah diatur maka dapat mengakibatkan permasalahan yang fatal seperti kerusuhan atau tindakan represif. Maraknya aksi kerusuhan yang terjadi belakangan ini di tanah air, adalah karena terjadinya ketidakadilan di masyarakat, tidak tegaknya hukum, adanya arogansi kekuasaan dari oknum aparat, tersumbatnya aspirasi masyarakat, serta adanya jurang antara si kaya dan simiskin. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang akan diteliti adalah Bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya unjuk rasa yang berakibat anarkis? Bagaimana Tanggung Jawab Hukum Terhadap Penghasut Untuk Melakukan Unjuk Rasa yang berakibat anarkis? Metode pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan yuridis dan spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat penelitian deskriptifanalitis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Tanggung jawab pidana penghasut terhadap aksi unjuk rasa yang berakhir anarkhis adalah apabila ia memenuhi unsur-unsur Pasal 160 KUHP maka kepadanya dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara dan atau denda.Menyadari proses terjadinya anarki yang amat cepat, maka sebenarnya terdapat fase (yang juga amat singkat) dimana polisi masih bisa melakukan tindakan awal dalam rangka pencegahannya. Lepas dari fase tadi, kemungkinan besar dinamika massa telah berkembang menjadi sesuatu yang harus ditangani secara keras. Kata kunci: Demonstrasi, Penghasut Unjuk Rasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Erli Sarlia SH.,MH 2.Hj.Yonani Hasyim, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: DEMONTRASI,PENGHASUT UNJUK RASA
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Sep 2022 03:28
Last Modified: 24 Sep 2022 03:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.