PENGATURAN HAK DAN KEWAJIBAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA PT. PERTAMINA (PERSERO) DENGAN PENGUSAHA PEMILIK STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR (SPBU)

PUTRI MUSTIKA AMANDA, NIM. 502018283 (2022) PENGATURAN HAK DAN KEWAJIBAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA PT. PERTAMINA (PERSERO) DENGAN PENGUSAHA PEMILIK STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR (SPBU). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018283_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018283_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
502018283_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
502018283_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
502018283_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
502018283_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018283_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Pertamina (Persero) dan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, mengingat semakin banyaknya pengguna kendaraan yang sudah pasti membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan mereka. Dalam melakukan kegiatan Pemasaran BBM (Bahan Bakar Minyak) harus didasari atau harus berdasarkan Perjanjian antara kedua belah pihak tersebut. Namun karena seringnya terjadi kelangkaan BBM pada SPBU-SPBU di sekitar kita membuat resah masyarakat yang membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan mereka. Berdasarkan keadaan tersebut maka penulis mengangkat judul skripsi yang berkaitan dengan permasalahan ini yaitu “Pelaksanaan Perjanjian PT. Pertamina (Persero) dengan Pengusaha SPBU dalam Penyediaan dan Pemasaran BBM”. Penulisan ini menggunakan metode penelitian Hukum normatif dengan menggunakan data Bahan hukum primer berupa segala sesuatu yang diperoleh melalui studi perpustakaan yang meliputi: buku, jurnal, proseding seminar, makalah, kamus hukum ensiklopedi hukum, kamus literatur hukum atau bahan hukum tertulis lainnya. Selain yang disebutkan tadi, studi dokumen juga meliputi dokumen hukum peraturan perundang-undangan yang relevan . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam melakukan pelaksanaan perjanjian yang sudah disahkan oleh Notaris tersebut pihak SPBU harus menaati segala ketentuan-ketentuan yang sudah dibuat oleh PT. Pertamina. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa SPBU hanya dapat menaati segala isi peraturan yang sudah tertera karena Pertamina hanya memberi kesempatan terhadap SPBU untuk menerima, atau menolak segala isi ketentuan pasal-pasal yang tertera pada perjanjian tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mulyadi Tanzili, SH., MH 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perjanjian dan PT (Perseroan Terbatas).
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Sep 2022 06:29
Last Modified: 24 Sep 2022 06:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.