ANALISIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA KAMAL JAYA (Studi Kasus di Desa Kamal Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir)

Sri Bulan, Nim : 222018140 (2022) ANALISIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA KAMAL JAYA (Studi Kasus di Desa Kamal Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
222018140_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
222018140_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
222018140_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
222018140_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
222018140_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
222018140_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
222018140_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
222018140_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Bulan / 222018140 / 2022 / Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa Kamal Jaya (Studi Kasus di Desa Kamal Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir)/ Akuntansi Sektor Publik. Penyusunan laporan keuangan pada setiap entitas perlu dilaksanakan tak terkecuali pada BUMDes. Laporan keuangan menjadi gambaran penting dalam melihat posisi dan kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kamal Jaya, mekanisme penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kamal Jaya berdasarkan SAK EMKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dalam pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan dan pengolahan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kreadibilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kamal Jaya melalui dua tahap dalam penyusunannya, yaitu tahap pencatatan berupa pencatatan transaksi-transaksi yang dilakukan dan tahap pelaporan dalam bentuk neraca, laporan laba rugi, dan pembagian hasil usaha serta perubahan modal akhir tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kamal Jaya telah sesuai dengan teori laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, dan catatan atas laporan keuangan lainnya. BUMDes Kamal Jaya melakukan penyusunan laporan keuangan yang belum sesuai dengan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) walaupun BUMDes Kamal Jaya membuat beberapa jenis laporan keuangan yang ada di SAK EMKM namun akun-akun dalam laporan tersebut ada yang berbeda, sehingga dapat dikatakan bahwa penyusunannya tidak melalui tahap apapaun. Kata Kunci: Laporan Keuangan, BUMDes, SAK EMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Drs. Sunardi,S.E.,M.Si.,CGRM 2. Ida Zuraidah,S.E.,Ak.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Laporan Keuangan, BUMDes, SAK EMKM
Subjects: Akuntansi > akuntansi pemerintah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Feb
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:44
Last Modified: 22 Sep 2022 03:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.