PENGARUH PENERAPAN TARIF PAJAK PROGRESIF, SANKSI PAJAK, & PENGETAHUAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT (Survei Wajib Pajak Kota Pagar Alam)

Priska Safitri, Nim : 222018184 (2022) PENGARUH PENERAPAN TARIF PAJAK PROGRESIF, SANKSI PAJAK, & PENGETAHUAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT (Survei Wajib Pajak Kota Pagar Alam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
222018184_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Priska Safitri/222018184/2022Pengaruh Tarif Pajak Progresif, Sanksi Pajak, dan Pengetahuan Wajib Pajak Teradap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Empat (Survey Wajib Pajak Kota Pagar Alam) Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah yang ada yaitu bagaimakanakah pengaruh tarif pajak progresif, sanksi pajak, dan pengetahuan wajib pajak terhadap penerimaan pajak kendaraan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tarif pajak progresif, sanksi pajak dan pengetahuan wajib pajak terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor roda empat. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan asosiatif. Tempat penelitian dilakukan di Kantor SAMSAT Kota Pagar Alam. Variabel yang digunakan adalah tarif pajak progresif, sanksi pajak, pengetahuan wajib pajak dan penerimaan pajak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 1,908 wajib pajak dengan metode penarikan sampel menggunakan slovin diperoleh 95 wajib pajak. Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data perimer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Pengujian data pada penelitian ini yaitu uji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.analisis inferensial terdiri dari uji asumsi klasik, analisis (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas) uji Linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Pengolaan data pada penelitian ini dibantu oleh Statistical Program for Special Science (SPSS) versi 23. Pengujian data dilihat dari uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa hasil data yang diuji valid dan reliabel. Teknik analisis statistik deskriptif variabel dan indikator menunjukan bahwa nilai dominannya tinggi, dan teknik analisis statistik inferensial yaitu uji asumsi klasik menunjukan bahwa hasil residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolineritas dan tidak terjadi heterodesatisitas, sedangkan analisis regresi linear berganda menunjukan variabel variabel tarif pajak progresif, sanksi pajak, dan pengetahuan wajib pajak dianggap konstan maka penerimaan pajak meningkat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial (uji t) menunjukan bahwa tarif pajak progresif dan pengetahuan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak, sedangkan sanksi pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak. Kata Kunci : tarif pajak progresif, sanksi pajak, pengetahuan wajib pajak dan penerimaan pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yuhanis Ladewi, S.E.,M.Si.,Ak.,CA 2. Yulian Sahri, S.E.,M.Acc
Uncontrolled Keywords: tarif pajak progresif, sanksi pajak, pengetahuan wajib pajak dan penerimaan pajak
Subjects: Akuntansi > akuntansi pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:17
Last Modified: 22 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.