PENGARUH KARAKTER DEBITUR, KONDISI EKONOMI DEBITUR DAN JAMINAN KREDIT TERHADAP KREDIT MACET PADA BANK BRI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Fitri Indah Yanti, NIM. 222018182 (2022) PENGARUH KARAKTER DEBITUR, KONDISI EKONOMI DEBITUR DAN JAMINAN KREDIT TERHADAP KREDIT MACET PADA BANK BRI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
222018182_Cover_sampai_Lampiran.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Indah Yanti/222018182/2022/Pengaruh Karakter Debitur, Kondisi Ekonomi Debitur dan Jaminan Kredit Terhadap Kredit Macet pada Bank BRI Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Karakter Debitur, Kondisi Ekonomi Debitur Dan Jaminan Kredit Terhadap Kredit Macet. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Tempat penelitian dilakukan di Bank BRI Kabupaten Ogan Komering Ilir. Variabel yang digunakan adalah karakter debitur, kondisi ekonomi debitur, jaminan kredit dan kredit macet. Populasi dalam penelitian ini yaitu 307 nasabah Bank BRI Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan metode penarikan sampel menggunakan metode slovin diperoleh 75 nasabah kredit macet. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Pengolahan data pada penelitian ini dibantu oleh Stastical Program for Special Science (SPSS) versi 22. Pengujian data menggunakan uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa hasil data yang diuji valid dan reliable. Teknik analisis statistik deskriptif variabel dan indikator menunjukkan bahwa nilai dominan tinggi, dan teknik analisis statistik inferensial yaitu uji asumsi klasik menunjukkan bahwa hasil residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Sedangkan analisis regresi linier berganda menunjukkan variabel karakter debitur, kondisi ekonomi debitur dan jaminan kredit dianggap konstan, maka kredit macet menurun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter debitur tidak berpengaruh signifikan terhadap kredit macet, sedangkan kondisi ekonomi debitur dan jaminan kredit berpengaruh signifikan terhadap kredit macet. Kata Kunci: karakter debitur, kondisi ekonomi debitur, jaminan kredit dan kredit macet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Yuhanis Ladewi, S.E., M.Si., Ak., CA 2. Nurul Hutami Ningsih, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: karakter debitur, kondisi ekonomi debitur, jaminan kredit dan kredit macet.
Subjects: Akuntansi > akuntansi biaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:08
Last Modified: 22 Sep 2022 02:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22508

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.