PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI REMAJA PUTRI UNTUK MEMAKAI JILBAB DI DESA BATUAMPAR KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG KAB OGAN KOMERING ILIR

RIZA MIFTAHUL JANNAH, NIM : 622018013 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI REMAJA PUTRI UNTUK MEMAKAI JILBAB DI DESA BATUAMPAR KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG KAB OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018013_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
622018013_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
622018013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
622018013_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
622018013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
622018013_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622018013_COVER_SAMPAI AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Riza Miftahul Jannah, 622018013, Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Remaja Putri Untuk Memakai Jilbab Di Desa Batuampar Kecamatan Sirah Pulau Padang Kab Ogan Komering Ilir. Motivasi memakai jilbab dalam Islam merupakan bentuk dari upaya pendidikan rohaniah yang membentuk dalam dirinya suatu kesadaran beragama atau sebagai kebutuhan akan terintegrasinya sikap keyakinan dan nilai-nilai. Motivasi memiliki arti dorongan, alasan, atau tujuan tindakan. Penggunaan jilbab adalah salah satu bentuk perilaku keagamaan dan hasil dari adanya motivasi beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pertama apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keagamaan remaja, Kedua apa motivasi remaja putri untuk memakai jilbab dan Ketiga bagaimana peran orang tua dalam memotivasi anaknya untuk memakai jilbab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan psikologi Agama. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu data dari hasil observasi selama 60 hari pada Mei 2022 dan wawancara dengan 5 narasumber disertai dengan pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan peneliti guna mencari dan menggali informasi lebih komprehensif. Hasil penelitian menemukan bahwa: Pertama apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keagamaan remaja, terdiri dari intrinsik dan ekstrinsik, adapun secara Islam motivasi keagamaan remaja Desa Batuampar terdiri dari motivasi Jismiyyah, Nafsiyah dan Ruhiyyah. Kedua apa motivasi remaja putri untuk memakai jilbab yaitu adanya faktor internal dan eksternal dan Ketiga bagaimana peran orang tua dalam memotivasi anaknya untuk memakai jilbab adalah kewajiban bagi seluruh wanita muslimah, dan terdapat juga remaja yang memakai jilbab karena adanya motivasi dan dorongan luar diri individu yaitu dari dorongan keluarga dan lingkungan. Penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi beragama beragama remaja sangat mempengaruhi perilaku keagamaan remaja contohnya seperti memakai jilbab, melaksanakan shalat, mengerjakan puasa, mengaji dan adanya sikap tolong-menolong, menghargai satu sama lain, berakhlak mulia dan lain sebagainya. Implikasi penelitian ini secara teoritis menjadi pembuktian terhadap teori motivasi beragama Jalaludin Rahmat. Secara praktis akan menjadi dokumen sosial keagamaan masyarakat desa Batuampar Kecamatan Sirah Padang Kab Ogan Komering Ilir. Kata-kata kunci: Motivasi, Jilbab, Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Jamaluddin, M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Motivasi, Jilbab, Remaja.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:17
Last Modified: 22 Sep 2022 01:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22480

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.