PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RUMAH ADAT BESEMAH DI DUSUN PELANG KENIDAI KOTA PAGARALAM.

Rizki Sugiarti, 352016021 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RUMAH ADAT BESEMAH DI DUSUN PELANG KENIDAI KOTA PAGARALAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352016021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
352016021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
352016021_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
352016021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
352016021_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
352016021_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
352016021_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
352016021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
352016021_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSRAK Sugiarti, Rizki. 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Rumah Adat Besemah di Desa Pelang Kenidai Kota Pagaralam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Heryati, S.Pd, M.Hum., (II) Yusinta Tia Rusdiana, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penuulis untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Rumah Adat Besemah di Desa Pelang Kenidai Kota Pagaralam. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa yang melatarbelakangi keberadaan rumah Adat Besemah di Dusun Pelang Kenidai Kota Pagaralam; (2) Bagaimana peran masyarakat dalam melestarika rumah Adat Besemah di Dusun Pelang Kenidai Kota Pagaralam; (3) bagaimana persepsi masyarakat terhadap rumah Adat Besemah di Dusun Pelang Kenidai Kota Pagaralam; Metode penelitian menggunakan metode history dan metode survey. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan geografi, antropologi, sosiologi, ekonomi. Teknik Analisis Data meliputi reduksi data, sajian data, dan simpulan data/verifikasi. Kesimpulan: (1) Sejarah keberadaan rumah Adat Besemah berawal dari Atung Bungsu yang melakukan perjalanan dan menelusuri sungai Lematang sehingga memilih bermukim di Dusun Benuakeling. Atung Bungsu menikah dengan putri Ratu Benuakeling, bernama Senantan Buih (Kenantan Buih) dan keturunannya Bujang Jawe (Puyang Diwate), puyang Mandulike, puyang Sake Semenung, puyang Sake Sepadi, puyang Sake Seghatus, dan puyang Sake Seketi yang menjadikan penduduk Jagat Besemah. Maka permukima semakin berkembang sehingga terbentuklah permukiman Besemah yang di sebut kampung Besemah; (2) Peran masyarakat dalam melestarikan rumah Adat Besemah ialah dengan cara selalu mensosialisasikan dengan pemilik rumah dan masyarakat yang lain serta dengan cara menanamkan kesadaran sejarah kepada masyarakat sehingga dapat mempertahankan rumah Adat Besemah dan dapat dinikmati oleh penerus generasi selanjutnya; (3) Persepsi masayarakat desa Pelang Kenidai terhadap keberadaan rumah Adat Besemah sangat bangga dan bersifat positf dalam melindungi, melesstarikan dan mempertahankan rumah Adat Besemah karena masyarakat menyadari rumah Adat Besemah itu baik untuk dilestarikan sehingga membuat masyarakat selalu berpatisapasi dalam menjaga dan merawat rumah Adat Besemah tersebut. Saran; (1) Kepada Pemerintah Kota Pagaralam khususnya instansi bidang pendidikan dan pariwisata hendaknya dapat memberikan referensi kepada masyarakat ataupun penulis untuk bisa mendapatkan sumber sejarah; (2) Kepada mahasiswa, hendaknya dapat menindak lanjuti hasil dari penelitian ini ddemi memperoleh kajian yang leih sempurna; (3) Kepada Masyarakat Desa Pelang Kenidai, hendaknya terus menigkatkan kesadaran sejarah tidak hanya rumah Adat Besemah, tetapi juga peninggalan-peninggalan sejarah lainnya, baik yang sudah maupun belum teridentifikasi demi pelestarian warisan cagar budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Heryati, S.Pd, M.Hum 2. Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Dusun Pelang Kenidai
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:49
Last Modified: 21 Sep 2022 04:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22465

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.