STUDI SISTEM AGRIBISNIS USAHATANI JAGUNG (Zea mays L,) HIBRIDA DI DESA SARI AGUNG KECAMATAN LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Supriyono, 412016059 (2022) STUDI SISTEM AGRIBISNIS USAHATANI JAGUNG (Zea mays L,) HIBRIDA DI DESA SARI AGUNG KECAMATAN LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016059_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412016059_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412016059_Caver_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SUPRIYONO. ”Studi Sistem Agribisnis Usahatani Jagung (Zea mays L,) Hibrida Di Desa Sari Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin”. (Dibimbing oleh RAHMAT KURNIAWAN dan PURI PRATAMI A.N). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem agribisnis usahatani jagung hibrida dan pendapatan usahatani jagung hibrida di Desa Sari Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sari Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara kepada responden dengan alat bantu berupa kuesioner yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Editing, Coding dan Tabulating. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama adalah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua yaitu dengan menggunakan rumusan metode kuantitatif peneliti menggunakan rumus pendapatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem agribisnis pada usahatani jagung hibrida di Desa Sari Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin terdiri dari 2 subsistem yaitu subsistem pengadaan sarana produksi meliputi benih, pupuk, herbisida/insektisida, alat-alat pertanian, dan subsistem usahatani yaitu terdiri dari beberapa kegiatan, seperti persiapan lahan, pembuatan drenase saluran air, pemupukan, penyiangan, pengendalian hama penyakit sampai panen. Sedangkan subsistem pemasaran tidak ada dalam penelitian ini dikarenakan pengepul langsung datang ke rumah atau ke lahan petani untuk membeli jagung pipilan kering yang sudah dipanen. Untuk hasil pendapatan usahatani jagung hibrida rata-rata yang diterima oleh petani di Desa Sari Agung Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin adalah Rp 16.346.661 Lg/Mt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan,S.P.,M.Si 2. Puri Pratami Ardina Ningrum,S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Agribisnis, Usahatani Jagung (Zea Mays L,) Hibrida, Sari Agung
Subjects: Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:21
Last Modified: 19 Sep 2022 01:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.