PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SEKOLAH

Rohimah, NIM. 332016023 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
332016023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332016023_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332016023_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
332016023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
332016023_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
332016023_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
332016023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
332016023_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
332016023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332016023_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rohimah. 2022. Pengembangan Modul Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) Pada Materi KPK Dan FPB Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S. Si., M. Pd. (II) Heru, M. Pd. Pelaksanaan Pembelajaran, modul, dan Lembar Kerja Peserta Didik perlu dilaksanakan untuk menyukseskan kompetensi capaian pada K13. Perangkat pembelajaran di atas akan maksimal dengan memperhatikan juga alat dan media yang digunakan dalam proses pendidikan. Bahan ajar tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan yang menunjang dalam aktivitas pembelajaran. Bahan ajar memiliki kontribusi yang besar bagi keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan sehingga pendidik harus selektif dalam memilih dan menyusun bahan ajar. Pendidik harus terampil, aktif dan kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakter peserta didik. Mengatasi permasalahan di atas penulis melakukan penelitian pengembangan modul untuk menerapkan sebuah model pembelajaran tertentu agar lebih menarik bagi peserta didik dalam proses belajar. Salah satu model pembelajaran yang menarik diimplementasikan dalam proses pembelajaran yaitu PQ4R. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Four-D Models (4-D). disebut 4-D karena membagi proses pengembangan dalam empat tahap yaitu Define, Design, Develop and Disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974, p. 5). Pengembangan modul menggunakan model 4D yang terdiri dari define (analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran), design (penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal), develop (validasi ahli dan pengujian pengembangan), dan dissiminate atau tahap penyebaran. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan modul matematika siswa berbasis PQ4R (Preview, Question,Read, Reflect, Recite, and Review)pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan dkelas IV SD Negeri 09 Lubai yang valid, praktis dan memiliki efek potensial setelah melalui proses penelitian pengembangan yang mengikuti tahap Four-D (Define ,Design, Develop,dan Disseminate).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, PQ4R, KPK, FPB
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:15
Last Modified: 14 Sep 2022 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.