TEORI BELAJAR HUMANISTIK MENURUT PANDANGAN ISLAM

LISTA PRAMAWATI, NIM. 622018033 (2022) TEORI BELAJAR HUMANISTIK MENURUT PANDANGAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018033_BAB I_DAFTAR PUSATKA.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img] Text
622018033_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
622018033_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
622018033_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
622018033_DAFTAR PUSATKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
622018033_LAMPIRAN.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text
622018033_COVER_SAMPAI AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lista Pramawati, 622018033, Teori Belajar Humanistik Menurut Pandangan Islam Implementasi merupakan suatu tindakan atau pelaksanaan rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang). Sedangkan teori adalah suatu proses pengembangan ide-ide pemikiran terhadap satu konsep yang berhubungan dengan suatu pandangan sistematis dari suatu variabel yang behubungan dengan fenomena alamiah. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku maupun pola berpikir seseor€ang melalui pembelajaran formal, informal, praktek dan latihan. Yang terbagi dalam tiga aspek yakni kognitif (ranah intelektual), afektif (ranah sikap), psikomotor (keterampilan atau tindakan). Humanistik merupakan suatu teori yang dapat mengembangkan konsep untuk memanusiakan manusia, dan dapat memberikan kegiatan yang memotivsi keingintahuan siswa terhadap pelajaran agama Islam dan membantu peserta didik mengidentifikasi kemampuan siswa mengwujudkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka serta untuk memecahkan masalah mereka dalam menguasai materi yang dibahas dengan penuh antisipasi dan tanggung jawab. Serta membina sosialisasi dikelas sehingga tercipta attitude (sikap) dalam menghadapi segala masalah yang mereka hadapi, memperkuat pemahaman dan keterampilan peserta didik tanpa dibebani oleh paksaan guru dan guru berfungsi sebagai fasilisator bagi peserta didiknya. Jadi kesimpulan dari Implementasi Teori Belajar Humanistik menurut pandangan islam adalah Dalam pandangan humanism, belajar bertujuan untuk menjadikan manusia selayaknya manusia, keberhasilan belajar ditandai bila peserta didik mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya dengan baik. Peserta didik dihadapkan pada target untuk mencapai tingkat aktualisasi diri semaksimal mungkin.suatu Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Teori Belajar Humanistik Menurut Pandangan Islam. Metode yang digunakan metode kualitatif yang menggunakan dua sumber data primer dan sekunder. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teori belajar humanistik menurut pandangan islam dilaksanakan melalui model pembelajaran yang aktif salah satunya dengan model pembelajaran diskusi dan presentasi, yang bertujuan untuk melatih keberanian siswa dan kemandirian siswa untuk mengemukan pendapatnya. Kata Kunci: Implementasi, Teori, Belajar, Humanistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Dr. Abu Hanifah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Teori, Belajar, Humanistik
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Bustanul Athfal dan Madrasa Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:43
Last Modified: 14 Sep 2022 00:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.