ANALISIS NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 MACAN TINJAUAN ASPEK SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Riyani Laila Tazkiyah, NIM 312018054 (2022) ANALISIS NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 MACAN TINJAUAN ASPEK SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
312018054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
312018054_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
312018054_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
312018054_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
312018054_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
312018054_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
312018054_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah pentingnya mendidik siswa agar memiliki sikap moral dalam hidup bermasyarakat melalui pembelajaran cerita pendek (Cerpen). Menganalisis nilai moral pada cerpen ada keterkaitannya dengan kurikulum kelas XI yaitu mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerpen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisis kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2020 ini pada pembelajaran bahasa Indonesia serta dapatkah peserta didik mengambil kesimpulan atas hasil analisis nilai moralnya terhadap kehidupan sosial bermasyarakat? Tujuan dalam penelitian ini adalah dengan analisis tersebut, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian analisis moral dengan tinjauan aspek sosiologi sastra dari cerpen Macan karya Seno Gumira Ajidarma : 1) Tidak terdapat nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan poin beribadah, berserah diri, dan berdoa. 2) Tidak terdapat hubungan manusia dengan manusia lain poin berbagi dan sopan-santun. 3) Tidak terdapat hubungan manusia dengan alam poin menjaga dan melestarikan alam. Analisis nilai moral pada cerpen Makam karya Herman RN: 1) Tidak terdapat nilai moral hubungan manusia dengan tuhan poin beribadah, bersyukur, berserah diri dan berdoa. 2) Tidak terdapat hubungan manusia dengan alam poin menjaga alam. Analisis nilai moral pada cerpen Brewok karya Supartika : 1) Tidak terdapat nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan poin berserah diri. 2) Tidak terdapat hubungan manusia dengan manusia lain poin berbagi. 3)Tidak terdapat hubungan manusia dengan alam poin menjaga dan melestarikan alam. Analisis nilai moral pada cerpen Salamah dan Malam yang Tak Terlupakan karya Lilik H.S : 1) Tidak terdapat nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan poin bersyukur. 2) Tidak terdapat hubungan manusia dengan manusia lain poin menghargai, tidak memaksa kehendak, sopan-santun. 3) Tidak terdapat hubungan manusia dengan alam poin menjaga dan melestarikan alam. Analisis nilai koral pada cerpen Sendiri-sendiri karya Okky Madasari: 1) Tidak terdapat hubungan manusia dengan Tuhan poin beribadah dan berdoa. 2) Tidak terdapat hubungan manusia dengan manusia poin tidak memaksa kehendak. 3) Tidak terdapat hubungan manusia dengan alam poin menjaga dan melestarikan alam. Kelima cerpen ini berhubungan dengan sosiologi sastra berupa latar belakang pengarang dan nilai moral dalam bermasyarakat. Sedangkan untuk hasil penelitian data tes analisis moral dari 35 peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Palembang, peserta didik yang memperoleh nilai > 65 sebanyak 26 peserta didik yang tuntas, dan peserta didik yang memperoleh nilai <65 sebanyak 9 orang. Kesimpulannya sebagian besar peserta didik memahami proses menganalisis nilai moral pada kumpulan cerpen pilihan kompas 2020. Dan kelima cerpen memiliki keterkaitan nilai moral dengan sosiologi sastranya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd 2. Drs. H. Refson, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral, Sosiologi Sastra
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:32
Last Modified: 14 Sep 2022 00:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22165

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.