Studi potensi dan strategi pengembangan ekowisata gunung dempo pagar alam

Anggi ulgia, NIM: 452017004 (2022) Studi potensi dan strategi pengembangan ekowisata gunung dempo pagar alam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
bab 2 skripsi anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
bab 3 skripsi anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
bab 4 skripsi anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5 skripsi anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
skripsi anggi fulll_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANGGI ULGIA. Studi Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Gunung Dempo Pagar Alam. Dibimbing oleh YETTY HASTIANA dan SASUA HUSTATI SYACHRONI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis potensi ekowisata di kawasan wisata alam Gunung Dempo Pagar Alam serta mengetahui dan menganalisis strategipengembangan ekowisata di kawasan wisata alam Gunung Dempo Pagar Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan Matrik SWOT untuk menentukan keadaan saat ini dan analisis potensi pengembangan ekowisata dikawasan Wisata Alam Gunung Dempo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor internal (S = 2,70 dan W = 0,85) dan eksternal (O = 2,71 dan T = 0,82) yang positif, berarti kekuatan ekowisatanya relatif lebih unggul daripada kelemahannya dan peluangnya lebih besar daripada ancamannya. Strategi pengembangan untuk Ekowisata Gunung Dempodi Pagar Alam menggunakan Stable Growth Strategy atau strategi pertumbuhan stabil. Strategi dilakukan secara bertahap sesuai target dengan kondisi saat ini dan lebih mengutamakan faktor kekuatan yang dimiliki berupa pengembangan secara bertahap dalam rangka meraih peluang yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan dan mempertahankan keberadaan ekowisata Gunung Dempo (pemandangan yang indah di sepanjang jalan dan puncak gunung, jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan lokasi pendakian yang cocok bagi pendaki), pemeliharaan sarana dan prasarana yang sudah ada di lokasi, merevitalisasi puncak Gunung Dempo menjadi lebih bersih dari sampah pendaki, memperhatikan harapan pendaki dan mengikuti keinginan mereka untuk merasa nyaman dalam pendakian ke puncak Gunung Dempo dengan memperbaiki jalur resmi dan jalur tidak resmi dari lereng menuju puncak gunung. Berdasarkan komparasi dan kombinasi antara kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threats) diperoleh 18 pola prioritas strategi pengembangan Ekowisata Gunung Dempo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.Yetty Hastiana, M.Si 2. Sasua Hustati Syachroni, S.P,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Potensi dan strategi pengembangan ekowisata
Subjects: Kehutanan > Hasil Hutan Non Kayu
Kehutanan > Konservasi Sumber Daya Alam
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:38
Last Modified: 14 Sep 2022 00:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22163

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.