PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS MASALAH OPEN ENDED MATERI PECAHAN SENILAI DI KELAS IV SD

ROHMATUN KHASANA, NIM. 332018001 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS MASALAH OPEN ENDED MATERI PECAHAN SENILAI DI KELAS IV SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332018001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
332018001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
332018001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
332018001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332018001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332018001_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
332018001_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
332018001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text
332018001_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif dalam pembelajaran matematika, namun kenyataannya tidak semua peserta didik muncul sebagai pribadi yang aktif dan kreatif. Penyebab peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran adalah kurangnya bahan ajar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah bahan ajar yaitu LKPD dengan pendekatan PMRI berbasis masalah open ended untuk peserta didik kelas IV SD dan mengetahui efek potensial dari penggunaan LKPD yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara mengembangkan LKPD dengan pendekatan PMRI berbasis masalah open ended materi pecahan senilai di kelas IV SD yang valid dan praktis?, (2) Apakah LKPD yang dikembangkan memiliki efek potesial?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan bahan ajar berupa LKPD dengan pendekatan PMRI berbasis masalah open ended materi pecahan senilai di kelas IV SD yang valid dan praktis, (2) Mengetahui efek potensial dari LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang diambil yaitu penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari tahap preliminary dan formatif evaluation dengan menggunakan alur Tessmer yaitu self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek dalam penelitian merupakan peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Makarti Jaya dengan jumlah keseluruhan 20 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LKPD dengan pendekatan PMRI berbasis masalah open ended untuk peserta didik kelas IV SD yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli pakar konstruks, isi (content), dan bahasa yang diiringi keterbacaan peserta didik pada tahap one-to-one. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada tahap small group bahwa peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKPD dan senang menggunakan LKPD yang dikembangkan. Efek potensial dapat dilihat dari hasil tes akhir kemampuan peserta didik pada tahap field test. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 85,04 yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik sekali, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan PMRI berbasis masalah open ended untuk peserta didik kelas IV SD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, LKPD, PMRI, Open Ended materi pecahan senilai.
Subjects: Matematika > Filsafat dan Teori Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:09
Last Modified: 14 Sep 2022 06:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22161

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.