STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI JERUK LEMON (Citrus limon) DI DESA TANJUNG BARU KABUPATEN OGAN ILIR

Ongki Alberto, 412917120 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI JERUK LEMON (Citrus limon) DI DESA TANJUNG BARU KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017120_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412017120_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017120_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ONGKI ALBERTO. Strategi Pengembangan Usahatani Jeruk Lemon (citrus limon) di Desa Tanjung Baru Kabupaten Ogan Ilir (dibimbing oleh HARNIATUN ISWARINI dan MUHAMMAD SIDIK). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi pengembangan komoditas jeruk lemon (citrus limon) di Desa Tanjung Baru Kabupaten Ogan ilir dan besar pendapatan dari budidaya jeruk lemon (citrus limon) di Desa Tanjung Baru Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Baru Kabupaten Ogan Ilir pada bulan November-Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan (simple random sampling), dimana metode pengambilan sampel secara acak sederhana tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. dalam penelitian ini terdapat petani jeruk lemon yang menjadi responden dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya serta data-data yang didapat dari lembaga-lembaga yang terkait dalam penelitian ini. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu analisis SWOT yang merupakan singkatan dari strenghts (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) untuk menjawab strategi pengembangan dan selanjutnya untuk menghitung besarnya pendapatan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis SWOT diketahui usaha jeruk lemon di Desa Tanjung Baru Ogan Ilir memiliki kondisi wilayah yang potensial untuk pengembangan usahatani jeruk lemon dengan adanya petani, tenaga kerja yang tersedia, pupuk yang tersedia, sarana angkutan, pasar, perawatan mudah, risiko kecil dan harga jual jeruk lemon tinggi. Adapun kelemhannya yaitu penguasaan teknologi petani rendah, permodalan terbatas, tidak adanya jaminan ketersediaan setiap musim, pengelolaan jeruk lemon tidak optimal, kuantitas dan kualitas produk yang belum kontinyu dan masa tanam hingga panen cukup lama.Ancamannya adalah perubahan cuaca, hama dan penyakit, persaingan serta belum ada aplikasi teknologi untuk menangani cuaca tidak menentu.Sementara untuk besarnya pendapatan berdasarkan penelitian diketahui yaitu sebesar Rp. 40.005.129 /tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si 2. Muhammad Sidik, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Usahatani Jeruk Lemon
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:53
Last Modified: 14 Sep 2022 00:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22103

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.