UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGANI PENYEBARAN NARKOTIKA JENIS EKSTASI TERKAIT PASAL 127 AYAT (1) UNDANG–UNDANG TENTANG NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLDA SUMSEL)

SAYYID ARFERHAQ, NIM. 502018434 (2022) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGANI PENYEBARAN NARKOTIKA JENIS EKSTASI TERKAIT PASAL 127 AYAT (1) UNDANG–UNDANG TENTANG NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLDA SUMSEL). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018434_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
502018434_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
502018434_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
502018434_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
502018434_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
502018434_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018434_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau sering di singkat dengan Polri adalah salah satu alat pemerintahan Negara di bidang pemerilaharaan, keamanan, dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, yang bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Narkoba atau narkotika memiliki banyak jenis salah satunya yaitu jenis ekstasi, Ekstasi adalah obat sintesis turunan obat amfetamin yang dikenal karena efek halusinasi dan stimulannya (membuat bersemangat). Narkoba ini berisiko tinggi apabila disalahgunakan dan bisa menyebabkan ketergantungan bagi pemakainya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pihak kepolisian dalam menangani kasus penyebaran narkotika jenis ekstasi di Kota Palembang dan untuk mengetahui akibat hukum yang diberikan kepada pengedar Narkotika jenis esktasi menurut Undang-undang tentang Narkotika. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan questioner. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut : Upaya kepolisian Kota Palembang dalam menangani peredaran narkoba jenis ekstasi ialah berupaya dalam mencegah dan menangani kasus penyebaran narkoba jenia ekstasi dimulai dengan mengedukasi, sosialisasi dan memberikan penyuluhan hukum kepada anak-anak dimulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, mahasiswa serta. Hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya bahaya dalam penyalahgunaan narkoba, dan agar tidak terjadinya penyebaran narkoba di dalam kehidupan masyarakat. Narkotika terbagi menjadi tiga golongan yaitu narkotika golongan I, narkotika golongan II dan narkotika golongan III. Akibat hukum kepada pengedar narkoba diatur di dalam Pasal 111 sampai dengan Pasal 126 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Edy Kastro, M.Hum 2. Ridwan Hayatuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kepolisian, Narkotika, Ekstasi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:13
Last Modified: 14 Sep 2022 01:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.