PROSES SERTIFIKASI HALAL MUI RUMAH PRODUKSI AYAM POTONG DI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN

Joni Setiawan, 412015003 (2022) PROSES SERTIFIKASI HALAL MUI RUMAH PRODUKSI AYAM POTONG DI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412015003_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015003_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak JONI SETIAWAN, Proses Sertifikasi Halal Mui Pada Produksi Ayam Potong Di Rumah Pemotongan Ayam Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan. (dibimbing oleh RAHMAD KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIYATNA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses sertifikasi halal MUI pada produk ayam potongdi Rumah Potong Ayam di Kecamatan Muaradua KabupatenOKU Selatandan untuk mengetahui faktor yang menghambat dalam proses sertifikasi halal MUI pada produk ayam potong di Rumah Potong Ayam di Kecamatan Muaradua KabupatenOKU Selatan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Potong Ayam dalam wilayah Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan pada bulan Juni hingga bulan Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penarikan contoh yang digunakan adalah purposive yaitu pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu (Purposive sampling), dimana jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung kepada responden dengan menggunkan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya dan data-data yang didapat dari lembaga terkait dengan pembahasan penelitian ini. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu pertama, Proses sertifikasi halal MUI pada produk ayam potong di Rumah Potong Ayam di Kecamatan Muaradua KabupatenOKU Selatan yaitu melakukan pendaftaran secara manual di sekretariatan MUI Muaradua, melengkapi Berkas selama 25 hari dan pembinaan keagamaan, observasi oleh TIM MUI OKU Selatan ke Rumah Potong Ayam, evaluasi selama 6 bulan sekali oleh tim MUI OKU Selatan dan perpanjangan selama 4 tahun sekali. Kedua, faktor yang menjadi menghambat dalam proses sertifikasi halal MUI pada produk ayam potong di Rumah Potong Ayam di Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan yaitu terletak pada (1). Terjadinya perubahan wilayah dari MUI Baturaja Kabupaten OKU ke wilayah MUI Muaradua Kabupaten OKU Selatan, (2). Sarana dan parasarana Dan (3). Sumber Daya Manusia yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan, SP.,M.Si 2. Sisvaberti Afriyatna, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sertifikasi, halal, ayam potong
Subjects: Agribisnis > tanaman dan makanan ternak
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:26
Last Modified: 14 Sep 2022 00:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.