PERAN PENYULUH TERHADAP PENERAPAN COMBINE HARVESTER PADA USAHATANI PADI DI DESA TELANG REJO KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

Budi Setiawan, 412018007 (2022) PERAN PENYULUH TERHADAP PENERAPAN COMBINE HARVESTER PADA USAHATANI PADI DI DESA TELANG REJO KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412018007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412018007_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018007_Caver_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK BUDI SETIAWAN “Peran Penyuluh Terhadap Penerapan Combine Harvester Pada Usahatani Padi Di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin” Dibimbing Oleh Ibu SISVABERTI AFRIYATNA dan Ibu INNIKE ABDILLAH FAHMI. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui Bagaimana peran penyuluh terhadap penerapan Combine harvester serta apa hambatan yang dihadapi penyuluh dalam penerapan Combine harvester pada usahatani padi di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi kualitatif sebagai Prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang di amati. Metode penarikan contoh yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil prasurvey, Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin terdiri dari 180 Petani dan terbagi menjadi 10 kelompok tani selanjutnya untuk menentukan jumlah responden penelitian ini sengaja menetukan ketua pada setiap kelompok tani mengingat peran ketua kelompok tani di anggap paling sering mengikuti kegiatan penyuluhan pertanian dan di tambah dengan 1 orang tenaga Penyuluh. Sehingga Responden dalam penelitian ini berjumlah 11 responden. Hasil penelitian menunjukan Peran penyuluh pertanian yang ada di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Teang kabupaten Banyuasin dalam penerapan teknologi pertanian sangat membantu terutama pada peran penerapan, penguhubung, organisator dan dinamisator serta peran sebagai teknisi sudah berjalan dengan baik. Hambatan yang di hadapi penyuluh pertanian dalam memberikan segala arahan kepada petani yang berkaitan dengan pertanian terutama dalam penerapan teknologi masih ada beberapa kendala diantara komunikasi yang kurang tersambung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: kata Kunci :Penyuluh, Combine harvester, usahatani padi
Subjects: Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:26
Last Modified: 08 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.