Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Siswa Kelas X di MA Nurul Hikmah Air Kumbang

Arum Andini, 312018004 (2022) Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Siswa Kelas X di MA Nurul Hikmah Air Kumbang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
312018004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
312018004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
312018004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
312018004_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
312018004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Andini, Arum. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi denganMenggunakanModelPembelajaranThinkTalkWriteSiswaKelasXdiMANurulHikmahAirKumbang.Skripsi,ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesia,ProgramSarjana(S1)FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuhammadiyahPalembang.Pembimbing:(I)Dra.Hj.Listini,M.Pd.(II) Dr. Houtman,M.Pd. Katakunci:kemampuan,menulis,biografi,thinktalkwrite Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi masalahdalammenulisteksbiografi.Untukitu,dalamprosespembelajarandiperlukanstrategiyangdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulis teks biografi. Salah satu strategi belajar yang dapat digunakan adalahdengan membentuk kelompok belajar yang dibentuk untuk mengembangkanide-ide kreatif melalui pemikiran bersama dalam menulis teks biografi, yaituthink talk write. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapanmodelthinktalkwritedapatmeningkatkankemampuanmenulisteksbiografi kelas XB MA Nurul Hikmah Air Kumbang? Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografimata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaranthink talk write siswa kelas XB MA Nurul Hikmah Air Kumbang. Metode yangdigunakanyaitupenelitiantindakkelas(PTK),yangdilakukandenganlangkah-langkahprasiklus,siklusI,dansiklusII.datayangdikumpulkanmelalui data observasi, tes, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas XB MA Nurul Hikmah Air Kumbang yang berjumlah 15siswa,yangterdiridari15perempuan.Proseskegiatanpenelitiandilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2022 sampai dengan tanggal 30 Mei 2022.Penelitiandilakukansebanyaktigakalipertemuan,yaitudibagikedalamprasiklus,siklusI,dansiklusII.Padatesprasiklussiswaterlihatkurangantusias,tidakserius,danbelumterlaluaktif.Selanjutnyapenelitimenggunakan model think talk write pada siklus I dan siklus II. Siswa yangawalnya kurang antusias, tidak serius, dan belum terlalu aktif dalam prosespembelajaran.Berdasarkanhasiltesketerampilandiketahuiadanyapeningkatan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas 75. Peningkatan itu dapat dilihat dari tes prasiklus 59 menjadi 74,3 padasiklus I, dan 88 pada siklus II. Sedangkan dilihat dari persentase keberhasilansecara klasikal ada peningkatan, tes prasiklus 20%, menjadi 40% pada siklusI,dan86,6%padasiklusIIberartidenganmodelthinktalkwritedapatmeningkatkankemampuansiswakelasXBMANurulHikmahAirKumbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Hj. Listini, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Houtman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Biografi think talk write
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:28
Last Modified: 06 Sep 2022 06:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.