PENGARUH APLIKASI LINE WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS XI SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG

LISA TRIANI, NIM. 312018002 (2022) PENGARUH APLIKASI LINE WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS XI SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018002_BAB1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018002_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
312018002_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
312018002_BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312017002_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
312018002_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
312018002_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018002_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312017002_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK Triani, Lisa. 2022. Pengaruh Aplikasi Line Webtoon Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas XI SMA YWKA Palembang. Skripsi Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing : (1) Dr. Houtman, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: keterampilan membaca, dan aplikasi Line Webtoon. Latar belakang dalam penelitian ini adalah sebagian siswa yang masih belum dapat membaca dengan baik dan benar. Selain itu, siswa banyak mengalamin kesulitan dalam memahami sebuah bacaan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh aplikasi Line Webtoon terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi Line Webtoon berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa yang tadinya kurang baik menjadi baik setelah adanya penggunaan aplikasi Line Webtoon ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, tes, dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu ada pengaruh aplikasi Line Webtoon terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang signifikan karena terbukti bahwa thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 0,05%. Setelah membandingkan hasil tes kelas kontrol dengan kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel 3,188 ≥ 0,1982 pada taraf signifikan 0,05% dengan dk 68, yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 18,76 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 21,47. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “aplikasi Line Webtoon berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas XI SMA YWKA Palembang” terbukti kebenaranya dapat diterima. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa aplikasi Line Webtoon berpengaruh terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang. Saran Siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas belajarnya, apalagi diera teknologi seperti sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang mempermudahkan untuk menunjang kegiatan belajar meskipun tidak di sekolah atau di kelas.Kepala sekolah dapat dijadikan pertimbangan untuk menambah fasilitas sekolah, seperti LCD agar guru juga dapat memperlihatkan sebuah metode belajar tidak hanya dengan buku paket saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Houtman, M.Pd 2. Dra. Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan membaca, dan aplikasi Line Webtoon.
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:04
Last Modified: 07 Sep 2022 05:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.