PENGARUH METODE STORYBOARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI SMP N 4 AIR KUMBANG BANYUASIN

Gea Reana, NIM. 312018006 (2022) PENGARUH METODE STORYBOARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI SMP N 4 AIR KUMBANG BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018006_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
312018006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
312018006_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
312018006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
312018006_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
312018006_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
312018006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
312018006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Reana Gea. 2022. Pengaruh Metode Storyboard Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi di SMP N 4 Air Kumbang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Listini, M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Parwanti M.Pd. Kata kunci: pengaruh, metode storyboard, menulis, teks deskripsi. Latar belakang penelitian ini adalah menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sifatnya produktif dan exspresif. Melalui menulis si penulis menuangkan gagasan, ide, dan pendapat kepada pembaca mengenai sesuatu yang dipikirkan, dirisaukan ataupun dirasakan secara tertulis. Menulis teks deskripsi hendaknya dipahami oleh seluruh siswa. Tingkat keberhasilan menulis teks deskripsi pada siswa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu kurangnya minat, sulitnya memahami objek, tema yang akan di deskripsikan. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode storyboard berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi di SMP N 4 Air Kumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode storyboard terhadap keterampilan menulis deskripsi di SMP N 4 Air Kumbang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa dari seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Air Kumbang dan sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa, dari kelas VII A berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian true experimental design bentuk pretest - posttes control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk uraian dalam materi menulis deskripsi). Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas eksperimen dengan mengunakan metode storyboard diperoleh nilai rata-rata 84,57 dan standar deviasinya 21,29 dan hasil siswa kelas kontrol dengan tidak menggunakan metode storyboard diperoleh nilai rata-rata 68 dan standar deviasinya 265,71 setelah datanya dianalisa, maka didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh t-hitung=3,15, sedangkan t-tabel dengan DK=68 sebesar 1,66 sehingga t-hitung=3,15>t-tabel= 1,66. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran menulis deskripsi dengan mengunakan metode storyboard berpengaruh di bandingan pembelajaran menulis deskripsi tidak menggunakan metode storyboard. Hal ini ditandai dengan pemerolehan nilai siswa yang meningkat dari pada sebelumnya secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode storyboard, menulis, teks deskripsi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:34
Last Modified: 05 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.