PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENIME: WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

ALMA LATIFAH, NIM. 312018027 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENIME: WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018027_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
312018027_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
312018027_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018027_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
312018027_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
312018027_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
312018027_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
312018027_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh media pembelajaran terhadap proses belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks negosiasi sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, guru Bahasa Indonesia harus mampu menciptakan bahan ajar yang modern, menarik, dan praktis untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks negosiasi. Untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut, peneliti mengembangkan bahan ajar video pembelajaran Benime: Whiteboard Animation Berbasis Android pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru Bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran benime: whiteboard animation berbasis android di SMA Negeri 2 Palembang. Mendeskripsikan rancangan pengembangan media pembelajaran benime: whiteboard animation berbasis android di SMA Negeri 2 Palembang. Mendeskripsikan validitas media pembelajaran benime: whiteboard animation berbasis android di SMA Negeri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian pengembangan ini validitas media pembelajaran didapatkan berdasarkan hasil uji alpha oleh validator ahli media dengan persentase 92,30% berkategori sangat layak dan validator ahli materi dengan persentase 93,33% berkategori sangat layak. Berdasarkan respon uji beta kelompok kecil (small group) terhadap media pembelajaran diperoleh persentase 93,33% dengan kategori sangat layak. Sehingga video pembelajaran benime: whiteboard animation berbasis android ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada materi teks negosiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Benime: Whiteboard Animation, Teks Negosiasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:30
Last Modified: 03 Sep 2022 03:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21738

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.