PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MAKANAN YANG KADALUWARSA OLEH BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

MUHAMMAD FARHAN, NIM : 502018331 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MAKANAN YANG KADALUWARSA OLEH BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018331_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
502018331_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
502018331_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
502018331_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
502018331_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
502018331_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
502018331_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MAKANAN YANG KADALUWARSA OLEH BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN OLEH: MUHAMMAD FARHAN Faktor-faktor yang melatar belakangi judul penelitiani ini yaitu bertujuan melindungi konsumen dari pelaku usaha yang masih menjual makanan kadaluwarsa.Tujuan Penelitian ini yaitu guna membahas dua rumuasan masalah yang menjadi pokok bahasan pada penelitian ini,yaitu apa bentuk Perlindungan Hukum terhadap Konsumen makanan yang telah kadaluwarsa dan cara melindungi konsumen terhadap makanan yang kadaluwarsa oleh BPOM dengan menggunakan metode penelitian normatif. Memberi paparan yang di tinjau dari Hukum Perlindungan konsumen, karakteristik makanan kadaluwarsa, dan penjelasan tentang BPOM. Kemudian mengupas semua nya secara rinci guna memecahkan beberapa masalah di penlitian ini. Kemudian membahas pokok masalah, yang pertama menjelaskan apa saja bentuk Perlindungan Hukum yang diberikan berdasarkan Undang-Undang No 8 tahun 1999 dan melalui Pasal 1365 KUH Perdata yang di tujukan kepada pelaku usaha yang merugikan konsumen, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman dalam membeli dan mengkonsumsi makanan. Serta membahas cara melindungi konsumen melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan yang bertanggung jawab melakukan pengawasan dan menegakan hukum sesuai Undang-Undang yang berlaku. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa memberi perlindungan kepada konsumen melalui Undang-Undang yaitu dengan memberikan sanksi kepada pelaku usaha yang terbukti merugikan dan melanggar ketentuan yang berlaku,dan BPOM terus melakukan pengawasan kepada setiap pelaku usaha serta siap menegakan Hukum sesuai pelanggaran yang di lakukan, guna melindungi seluruh konsumen di indonesia. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Makanan Kadaluwarsa dan BPOM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. H. Hambali Yusuf, SH., M.Hum 2. H. Syairozi, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Makanan Kadaluwarsa dan BPOM
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:17
Last Modified: 03 Sep 2022 03:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.