ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN PADA MASYARAKAT BILINGUALISME DI KAMPUNG KERANGGAN TENGAH KABUPATEN BANGKA BARAT KEPULAUAN BANGKA BELITUNG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

DIANA PUTRI IRLIANI, NIM. 312018049 (2022) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN PADA MASYARAKAT BILINGUALISME DI KAMPUNG KERANGGAN TENGAH KABUPATEN BANGKA BARAT KEPULAUAN BANGKA BELITUNG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018049_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img] Text
312018049_BAB II.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
312018049_BAB III.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
312018049_BAB IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
312018049_BAB V.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
312018049_BAB VI.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
312018049_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
312018049_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
312018049_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Irliani, Diana Putri. 2022. Alih Kode dan Campur Kode dalam Percakapan Pada Masyarakat Bilingualisme di Kampung Keranggan Tengah Kelurahan Keranggan RT 01 RW 01 Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Kepulauan Bangka Belitung (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., (II) Drs. H. Refson, M.Pd. Kata kunci: alih kode, campur kode, bilingualisme Penelitian ini dilatarbelakangi analisis penulis mengenai peran alih kode dan campur kode pada masyarakat itu sangat penting, serta hubungannya dengan pemakai variasi bahasa oleh seseorang ataupun kelompok dalam masyarakat, khususnya pada masyarakat bilingual atapun multilingual. Maka dari itu peneliti mencoba untuk mencari informasi dan mengembangkannya melalui karya tulis ini. Tujuan dari penelitian ini ada dua yakni: (a) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud alih kode dan campur kode, (b) mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu masyarakat bilingualisme di kampung Keranggan Tengah Rt 001 Rw 001, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Data dalam penelitian ini berupa percakapan pada masyarakat bilingualisme di Kampung Keranggan Tengah Rt 001 Rw 001, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat yang mengandung bentuk alih kode dan campur kode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik rekam, teknik catat, dan teknik wawancara. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) wujud alih kode berupa alih dialek dan alih ragam. Wujud campur kode berupa penyisipan unsur yang berwujud kata, terdapat unsur-unsur yang berwujud klausa, terdapat unsur berwujud frasa, terdapat unsur yang berwujud perulangan kata. (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi alih kode meliputi: penutur dan mitra tutur, perubahan situasi dari ragam formal (resmi) ke ragam informal (santai), membangkitkan rasa humor. Faktor-faktor yang melatarbelakangi campur kode meliputi: penutur ingin menarik perhatian mitra tuturnya, mitra tutur ingin menarik perhatian dari penuturnya, tujuan dan alasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt. 2. Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd
Uncontrolled Keywords: alih kode, campur kode, bilingualisme
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:32
Last Modified: 31 Aug 2022 01:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.