PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN MASYARAKAT ( STUDI KASUS DIPONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM JALAN BANTEN II, PLAJU, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN )

Fahmi Huaidi, NIM. 622017045 (2021) PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN MASYARAKAT ( STUDI KASUS DIPONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM JALAN BANTEN II, PLAJU, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017045_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622017045_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
622017045_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622017045_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622017045_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622017045_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622017045_Caver_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN MASYARAKAT ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Subulussalam Jalan Banten II, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan ) Oleh : Fahmi Huaidi NIM. 622017045 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Peranan Pondok Pesantren Subulussalam dalam menggerakkan partisipasi santri untuk membangun lingkungan masyarakat, faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Subulussalam dalam menggerakkan partisipasi santri untuk membangun lingkungan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peranan pondok pesantren dalam memnggerakkan partisipasi santri untuk membangun lingkungan masyarakat sebagai perencana yakni pondok pesantren bersama ustadz dan santri merencanakan program kegiatan yang telah disepakati, sebagai evaluator yakni memantau tingkat keberhasilan kegiatan untuk menentukan tindak lanjut, sebagai motivator yakni memberikan motivasi kepada sanrei agar semangat dan selalu aktif. Faktor pendukung dan penghambat dalam menggerakkan partisipasi santri untuk membangun lingkungan masyarakat, faktor penduung yakni dari sarana prasarana sangat tercukupi, dari segi intelektualitas santri bisa dipertanggung jawabkan, ustadz memiliki jiwa sosial yang tinggi dan semangat dari santri sangat tinggi, sedangkan dari faktor penghambat yakni kesibukan santri di sekolah, masyarakat pun belum memberi kepercayaan dan kesempatan lebih kepada santri, perubahan cuaca yang tidak menentu. Kata Kunci : pondok pesantren, partisipasi santri, membangun masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Yuniar Handayani, SH, MH.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pondok pesantren, partisipasi santri, membangun masyarakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:00
Last Modified: 24 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.