PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA AGENDA KEGIATAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Asun Fadrinto, Nim: 162018013 (2022) PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA AGENDA KEGIATAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
162018013 _BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img] Text
162018013_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
162018013_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
162018013_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text
162018013_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
162018013_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
162018013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
162018013_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Website sendiri sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai kegiatan dimana website dimanfaatkan sebagai tempat pertukaran informasi secara cepat dan lebih efisien. PT Pupuk Sriwidjaja atau sering disebut Pusri merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan website sebagai tempat pertukaran informasi, dimana ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja dan produktivitas pegawai dalam menjalankan tugasnya, setelah dilakukan penelitian beberapa isu muncul di salah satu wesite pusri yang baru, dimana User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada websitenya agenda kegiatan pusri masih sangat sederhana. Untuk mengatasi masalah ini maka dibuat serta dirancanglah website yang sesuai dimana kegiatan perancangan dan desain ulang User Interface dan User Experience, sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja pengguna. Pada proses perancangan User Interface dan User Experience digunakanlah sebuah metode user centered design (UCD) yang dimana metode ini hanya terfokus kepada user sebagai pengguna, sehingga dengan penggunaan metode ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan yang sesuai dengan kebutuhan pegawai. Adapun tahapan proses perancangan ini diantaranya: proses pembuatan Use Case Diagram, pembuatan Wereframe sebagai gambaran, proses penentuan Prototype, proses desain perancangan, demonstration, dan tahap akhir yaitu Unsability Testing yang dimana dilakukan test dengan System Unsability Scale (SUS) yang merupakan test untuk mengukur seberapa nilai yang didapat dari rancangan yang telah dibuat. Sehingga dari hasil pengukuran yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa proses usability testing dengan metode System Unsability Scale (SUS) dapat lebih mengevaluasi tampilan antarmuka pengguna website secara mendalam. Dari hasil tersebut terungkap juga bahwa setelah proses testing nilai grade yang paling tinggi tepatnya pada penggunaan icon dan pemilihan warna yang paling berpengaruh. Kata Kunci: User Interface (UI) & User Experience (UX), sangat bermanfaat dalam proses perancangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing : 1.Dedi Haryanto S.Kom, M.Kom. 2.Jimmie S.Kom, M.Kom.
Subjects: Teknologi informasi > Arsip data
Teknologi informasi > Jaringan
Teknologi informasi > ilmu informasi
Teknologi informasi > komputer
Teknologi informasi > pemrograman
Teknologi informasi > perangkat lunak
Teknologi informasi > program
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:01
Last Modified: 22 Aug 2022 07:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.