PERANAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM PELAKSANAAN FUNGSI LEGISLASI

LIA ANGGRAINI, NIM. 91219067 (2021) PERANAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM PELAKSANAAN FUNGSI LEGISLASI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91219067_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
91219067..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM PELAKSANAAN FUNGSI LEGISLASI OLEH Lia Anggraini Salah satu fungsi Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah fungsi legislasi, menurut Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014, bahwa DPRD bersama Kepala Daerah membuat Peraturan Daerah (Perda) artinya DPRD dan Kepala Daerah mempunyai kedudukan yang sejajar. Dalam pembuatan Peraturan daerah DPRD sangat berperan baik Perda usulan eksekutif maupun Perda inisiatif. hal ini secara limitatif telah diatur dalam perturan perundang-perundangan khususnya Undang-undang RI nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Adapun permasalahan dalam tesis ini adalah Bagaimanakah peranan DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam pelaksanaan fungsi legislasi ? dan Apakah hambatan DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam pelaksanaan fungsi legislasi ? Metode penelitian dalam tesis ini adalah penelitian yuridis normatif dengan mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undang dan bahan hukum sekunder berupa literatur yang relevan dengan permasalahan peneleitian yang dibahas dan juga didukung data primer yang bersumber dari lapangan melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peranan DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam pelaksanaan fungsi legislasi telah melakukan penyusunan Perda sebagai produk hukum legislatif daerah dengan melalui tahapan dan mekanisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. selain itu hambatan DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam pelaksannaan fungsi legislasi adalah meliputi faktor internal seperti SDM anggota DPRD yang masih kurang memenuhi kompetensi dan anggaran yang terbatas. Faktor eksternal meliputi masalah komunikasi antara legislatif dan eksekutif, kurangnya partisipasi masyarakat. Kata Kunci : Peranan, DPRD, Fungsi Legislasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Erli Salia, SH. MH. 2. Dr. Saipuddin Zahri, SH. MH
Uncontrolled Keywords: Peranan, DPRD, Fungsi Legislasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Konstitusional dan Administratif
Ilmu Hukum > Hukum Negara dan Bangsa
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:46
Last Modified: 29 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.