OPTIMALISASI PROSES PENYIDIKAN DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Study Kasus di Kepolisian Resor Prabumulih)

ZULKARNAIN AFIANATA, NIM. 91220029 (2022) OPTIMALISASI PROSES PENYIDIKAN DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Study Kasus di Kepolisian Resor Prabumulih). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
912.20.029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
912.20.029_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
912.20.029_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
912.20.029_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
912.20.029_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
912.20.029_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
912.20.029_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMALISASI PROSES PENYIDIKAN DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Study Kasus di Kepolisian Resor Prabumulih) Oleh ZULKARNAIN AFIANATA Latar belakang dalam penelitian ini adalah fenomena yang terjadi dalam proses penyidikan yang dilakukan masih belum sesuai harapan masyarakat. Masih adanya ditemukan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh oknumoknum penyidik penerapan pasal yang tidak sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana optimalisasi proses penyidikan dalam penyelesaian perkara tindak pidana narkotika (Study Kasus di Kepolisian Resor Prabumulih)? dan 2) Apa saja faktor yang menghambat proses penyidikan dalam penyelesaian perkara tindak pidana narkotika (Study Kasus di Kepolisian Resor Prabumulih)?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang didukung data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses penyidikan dalam penyelesaian perkara tindak pidana narkotika di Kepolisian Resor Prabumulih belum optimal karena masih banyaknya banda– bandar narkoba yang masih tertutup dan rapi dalam melakukan transaksi narkoba sehingga pihak kepolisian masih kesulitan untuk mengungkap bandar-bandar atau pengedar narkoba tersebut; dan 2) Faktor-faktor yang menghambat dalam proses penyidikan Tindak Pidana Narkoba yaitu masih adanya masyarakat yang tidak mendukung pihak kepolisian dan keberpihakan masyarakat kepada bandar-bandar tersebut dalam pengungkapan kasus narkoba di wilayah hukum Polres Prabumulih dan terdapat faktor lain yang menghamat yaitu anggaran operasional yang belum begitu memadai serta kurangnya sumber daya manusia penyidik untuk memperoleh informasi adanya tindak pidana narkotika. Kata Kunci: Optimalisasi, Proses Penyidikan, Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Narkotika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Romli. SA., M.Ag. 2. Dr. Hj. Sri Sulastri, SH., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Proses Penyidikan, Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Narkotika
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:08
Last Modified: 18 Jul 2022 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.