STUDI KOMPARASI SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM DENGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA

AGRIVINA ARUNDAYA, NIM. 502016197 (2022) STUDI KOMPARASI SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM DENGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016197_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016197_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
502016197_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
502016197_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
502016197_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
502016197_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502016197_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI KOMPARASI SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM DENGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA AGRIVINA ARUNDAYA 50 2016 197 Sistem Pemerintahan adalah sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan memengaruhi dalam mencapaian tujuan dan fungsi pemerintahan. Permasalahan di dalam skripsi ini adalah bagaimanakah Sistem Pemerintahan Islam dengan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia dan apakah Sistem Pemerintahan Negara Indonesia itu sendiri bertentangan dengan Sistem Pemerintahan Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pemerintahan Islam dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia dan mengetahui apakah Sistem Pemerintahan Negara Indonesia bertentangan dengan Sistem Pemerintahan Islam. Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian kepustakaan mengumpulkan data primer dan data sekunder yang selanjutnya diolah dengan secara deskriptif analitis dan pada tahap akhir akan dilakukan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penulisan skripsi ini adalah terdapat banyak perbedaan antara Sistem Pemerintahan Islam dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia. Di mulai dari perbedaan sumber hukum dari kedua Sistem Pemerintahan, dan melahirkan perbedaan turunan lainnya, seperti perbedaan struktur pemerintahan, syarat-syarat pemilihan kepala negara, sampai kepada mekanisme pemelihan dan pengangkatan kepala negara. Meskipun banyak perbedaan akan tetapi Sistem Pemerintahan Negara Indonesia tidak bisa dikatakan bertentangan dengan Sistem Pemerintahan Islam, karena di dalam Islam mengatur adanya ijtihad dalam menentukan suatu hukum. Dan Rasulullah Saw sendiri tidak memberikan tuntunan praktis tentang bagaimana umatnya menjalanan kehidupan politik dan kenegaraan. Ini berarti umat di berikan keleluasaan untuk menjalankannya selagi hal tersebut tidak keluar dari syariat Islam tentunya. Kata kunci : Pendidikan, Sistem Pemerintahan Islam, Sistem Pemerintahan Negara Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Saifullah Bahri, SH., MH 2. Hj. Siti Mardiyati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Pendidikan, Sistem Pemerintahan Islam, Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Konstitusional dan Administratif
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:28
Last Modified: 14 Jul 2022 04:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.