Produksi madu lebah alam dari kawasan hutan lindung bukit gatan provinsi sumatera selatan

RICO PRATAMA, NIM. 452017014 (2022) Produksi madu lebah alam dari kawasan hutan lindung bukit gatan provinsi sumatera selatan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452017014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[img] Text
452017014_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
452017014_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
452017014_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
452017014_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
452017014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
452017014_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017014_cover_sampai_terakhir.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RICO PRATAMA. Produksi Madu Lebah Alam dari Kawasan Hutan Lindung Bukit Gatan Provinsi Sumatera Selatan (dibimbing oleh Ir. Lulu Yuningsih, S.Hut., M.Si. IPU dan Sasua Hustati Syachroni, SP., M.Si). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis lebah yang dihasilkan, jumlah produksi yang dihasilkan pada setiap koloni, cabang, pohon, dan total produksi yang dihasilkan oleh lebah madu, serta bagaimana cara pemanenan, pengolahan, dan proses produksi pemasaran yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Hutan Lindung Bukit Gatan, Provinsi Sumatera Selatan, dari bulan September sampai Desember 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sedangkan metode sampling yang digunakan merupakan kombinasi dari Purposive sampling dan Snowball sampling. Dalam penelitian ini, petani lebah madu ditunjuk sebagai informan untuk menentukan pohon dimana sarang lebah dan mencari informan bagi petani lebah madu yang informasinya bermanfaat bagi peneliti untuk mencari keberadaan informan berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan wawancara dengan informan dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Selanjutnya dihitung jumlah produksinya oleh sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis lebah yang dihasilkan adalah Apis dorsata, jumlah madu yang dihasilkan di setiap koloni rata-rata 8,4kg/tahun, pada setiap cabang mempunyai koloni dengan rata-rata 1,82koloni/dahan, dan pada setiap pohon memiliki jumlah rata-rata 10,3koloni/pohon. Jumlah produksi madu per panen pada bulan Agustus rata-rata 44.3kg/bulan dan pada bulan September adalah rata-rata 43kg/bulan dengan total produksi rata-rata 87,3kg/tahun dan proses produksi pemanenan terdiri dari penyiapan alat, pemasangan tangga, memanjat, mengasapi, mengiris sarang dan menurunkan sarang, selanjutnya proses produksi pengolahan madu terdiri dari penyaringan dan pengemasan madu, serta proses produksi pemasaran dilakukan dengan mempromosikan madu melalui komunikasi antar konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Lulu Yuningsih, S.Hut., M.Si. IPU 2. Sasua Hustati Syachroni, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hutan lindung, lebah madu, Produksi
Subjects: Kehutanan > Hasil Hutan Non Kayu
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:01
Last Modified: 13 Jul 2022 06:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21414

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.