PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DENGAN METODE RESTRUKTURISASI PADA KANTOR BFI FINANCE KOTA LUBUKLINGGAU

MULKAN AZIZ ASSIDQI, NIM 502018213 (2022) PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DENGAN METODE RESTRUKTURISASI PADA KANTOR BFI FINANCE KOTA LUBUKLINGGAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018213_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
502018213_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
502018213_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
502018213_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
502018213_COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
502018213_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Perekonomian Indonesia dewasa ini semakin berkembang pesat, ditandai dengan semakin banyaknya aktivitas bisnis yang semakin berkembang. Aktivitas bisnis merupakan salah satu instrument penopang pembangunan Bangsa. Walau demikian, Pelaku usaha dalam menjalankan usahanya tidak terlepas dari kendala - kendala yang dihadapi. Salah satunya kendala tersebut adalah persoalan permodalan. Ketersediaan modal dalam kegiatan bisnis memiliki peran besar untuk menjalankan suatu kegiatan usaha. Permodalan yang dibutuhkan pengusaha dapat bersumber dari modal sendiri atau investasi orang lain, salah satu modal yang diperoleh pelaku usaha adalah dari Lembaga Perbankan.adapun Jenis penelitian yang digunakan penulisan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di kantor BFI FINANCE kota lubuklinggau pengumpulan data pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. jenis data yaitu data primer dan data sekunder. sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah melakukan penelitian pada KantorBFI FINANCE Kota Lubuklinggau, adapun beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan atas permasalahan yang terkait dengan penelitian tersebut yaitu sebagai berikut: Pelaksanaan restrukturisasi terhadap nasabah dengan kredit bermasalah pada kantor BFI FINANCE kota lubuklinggau Pihak BFI FINANCE unit kota lubuklinggau, dalam hal ini diwakili oleh Mantri, ia menerapkan cara negoisasi dengan cara menawarkan kebijakan internal bank berupa restrukturisasi kredit kepada debitur dan kabar baiknya hal ini mendapat persetujuan debitur.Dalam Berita Acara Negosiasi dituangkan hasil kesepakatan antara Pihak Pertama yang terdiri dari Kepala Unit dan Mantri dengan pihak kedua, yaitu debitur. Hasil negosiasi antara pihak BFI FINANCE kota Lubuklinggau dengan debitur menghasilkan kesepakatan bahwa kewajiban angsuran debitur tiap bulan adalah Rp.1.848.438 dan jangka waktunya bertambah 60 bulan. Angka ini diperoleh dari kesanggupan debitur untuk membayar angsurannya Setelah melakukan kunjungan ke nasabah, maka diketahui apa hambatan yang dimiliki oleh debitur dan mengakibatkan terjadi keterlambatan pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1.Dr,Arief Wisnu Wardhana, SH.,M.Hum 2.Yudistira Rusydi,SH.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Penyelesian Kredit, Kredit Bermasalah, Metode Restrukturisasi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:55
Last Modified: 07 Jul 2022 04:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.