PERLINDUNGAN HAK -HAK NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) PALEMBANG

MUHAMMAD NAIM, NIM. 91220008 (2022) PERLINDUNGAN HAK -HAK NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91220008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
91220008_Cover_sampai_lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HAK -HAK NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) PALEMBANG Oleh MUHAMMAD NAIM Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pemerintah berupaya untuk melakukan pemberdayaan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) dengan memberikan perlindungan hak-hak narapidana anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah perlindungan hak-hak narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang)? dan 2) Apa kendala-kendala dalam perlindungan hak -hak narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang)?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan hak-hak narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang) sudah dilakukan dan sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang tertuang pada Pasal 14 ayat (1) dan Pasal 85 Ayat (2) Undang-undang nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, maka Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang dalam memberikan hak-hak kepada Narapidana Anak telah sesuai. Adapun Hak Narapidana Anak yang sudah diberikan adalah Hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Sebagaimana Perlindungan hukum terhadap hak-hak anak tercantum dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Pasal 1 ayat (2) segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi Anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. dan Kendala-kendala dalam perlindungan hak -hak narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang yaitu faktor tenaga pendidik dan pembina h seperti jumlah petugas yang dimiliki minim dibandingkan dengan jumlah narapidana dan keterampilan yang dimiliki tidak sesuai bidang, faktor sarana dan prasaran seperti minimnya anggaran dana pembinaan, sarana dan prasarana kurang memadai, faktor masyarakat seperti faktor lingkungan dan jumlah narapidana yang melebihi kapasitas, Kata Kunci: perlindungan hak -hak narapidana anak, lembaga pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saipuddin Zahri, S.H., M.H. 2. Dr. H. Erli Salia, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: perlindungan hak -hak narapidana anak, lembaga pemasyarakatan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:07
Last Modified: 02 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21373

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.