AKIBAT HUKUM PEMBATALAN AKTA NOTARIS JUAL BELI TANAH DI KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR

MILLEN NAGASTI BARANIKA, NIM. 502018187 (2022) AKIBAT HUKUM PEMBATALAN AKTA NOTARIS JUAL BELI TANAH DI KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018187_BAB 1_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
502018187_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
502018187_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
502018187_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
502018187_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
502018187_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
502018187_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABTRAK Manusia selalu berusaha untuk memiliki dan menguasai tanah, karena tanah penting bagi kehidupannya. Penguasaan tanah diupayakan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Upaya untuk mendapatkan tanah tersebut dapat dikenakan dengan berbagai cara, salah satunya den. jual beli, Dengan cara jual beli, pemilikan tanah beralih dari satu pihak kepada pihak lain. Notaris memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat, terutama terikat dengan persoalan hukum keperdataan, ditambah lagi mengingat masyarakat modern saat ini banyak terbebani dengan urusan administrasi hukum keperdataan yang harus didokumentasikan dalam bentuk akta otentik agar perbuatan hukum tersebut memiliki legalitas dan kekuatan pembuktian. Penelitian mi tergolong penelitian hukum Yuridis Empiris yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan akibat hukum pembatalan akta notaris dan jual beli tanah di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan ilir. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Akibat hukum pembatalan Akta Notaris Jual Beli hak Atas Tanah di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir bagi pihak yang membatalkan dapat dikenakan denda yang besarnya telah disepakati dari jumlah yang harus dibayar pembeli kepada penjual atau pembeli, untuk tiap-tiap hari keterlambatan. Denda tersebut harus dibayar dengan seketika dan sekaligus. sedangkan tanggung jawab hukum notaris yang membatalkan akta jual beli tanah secara perdata yaitu a) Tanggung Jawab secara Perdata yaitu dengan mengganti rugi segala kerugian yang diakibatkan oleh Notaris tersebut. b) Tanggung Jawab secara Pidana aturan pidana tidak tertulis dalam UU Jabatan Notaris, tapi melalui tanggung jawab pidana, seorang Notaris yang melakukan tindak pidana dapat dijatuhkan sanksi berupa pemberhentian dengan tidak hormat sampai sanksi kurungan terhadap Notaris tersebut dan Tanggung Jawab Administratif berupa teguran lisan, teguran tertulis, pemberhentian sementara, pemberhentian dengan hormat, pemberhentian dengan tidak hormat. Keyword: Akibat Hukum, Pembatalan Akta Notaris, Jual Beli Tanah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H.Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum. 2. Hendri, S.H.,.M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Pembatalan Akta Notaris, Jual Beli Tanah .
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 Jul 2022 06:52
Last Modified: 02 Jul 2022 06:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.