PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus, Temminck) ( STUDI KASUS DI DESA SIDODADI DAN DESA DURIAN SEMBILAN KECAMATAN BUAY PEMACA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN PROVINSI SUMATERA SELATAN)

Laksono Pamungkas, NIM. 452017012 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus, Temminck) ( STUDI KASUS DI DESA SIDODADI DAN DESA DURIAN SEMBILAN KECAMATAN BUAY PEMACA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN PROVINSI SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452017012_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
452017012_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017012_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017012_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017012_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017012_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452017012_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
Skripsi Laksono Pamungkas 452017012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN LAKSONO PAMUNGKAS. Persepsi Masyarakat Terhadap Konservasi Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus, Temminck) Studi Kasus di Desa Sidodadi dan Desa Durian Sembilan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan (dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan YAYAT HIDAYAT). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap konservasi gajah sumatera (Elephas maxsimus sumateranus) studi kasus di Desa Sidodadi dan Desa Durian Sembilan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi masyarakat terhadap konservasi gajah sumatera (Elephas maxsimus sumateranus). Penelitian ini dilaksanakan di desa penyangga Suaka Margasatwa Gunug Raya tepatnya di Desa Sidodadi dan Desa Durin Sembilan Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan pada bulan Juli sampai Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan suatu gejala atau peristiwa dan kejadian yang terjadi secara faktual, sistematis dan akurat. Metode penarikan sampel menggunakan Tehnik Simpel Random Sampling yaitu tehnik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Metode pengelolaan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan 86,20% masyarakat Desa Sidodadi dan Desa Durian Sembilan “mengetahui” tentang keberadaan Suaka Margasatwa Gunung Raya, sedangkan tingkat perhatian masyarakat terhadap permasalahan lingkungan dan kehutanan 65,51% masyarakat tidak tahu atau kuraang perhatian terhadap masalah lingkungan, dan Instansi yang bertnggungjawab untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan kehutanan, 60 orang atau sebesar 68,98% masyarakat menyatakan kepala desa yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan kehutanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Asvic Helida, S.Hut.,M.Sc 2. Dr. Ir. Yayat Hidayat, S.Hut.,T,,M.Si
Subjects: Kehutanan > Pengelolaan satwa Liar
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:17
Last Modified: 29 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.