PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA DESA CINTA KARYA

Ahmad Nur Hidayat, NIM. 622018046 (2022) PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA DESA CINTA KARYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018046_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018046_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
622018046_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
622018046_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
622018046_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
622018046_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
622018046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622018046_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru pendidikan agama Islam, begitu juga mengetahui peningkatan kualitas profesionalitas guru pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran pai di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cinta Karya. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cinta Karya? Kedua, Bagaimana meningkatkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cinta Karya? Ketiga, Faktor apa saja yang mempengaruhi profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cinta Karya? Populasi dalam penelitian ini adalah para guru pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Cinta Karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang berkenaan dengan objek penelitian dari kepala sekolah dengan wawancara secara langsung, metode observasi digunakan untuk mengamati perkembangan profesionalitas guru pendidikan agama Islam, metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data hasil wawancara penulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Pai di Mi Miftahul Huda Cinta Karya dikatakan sudah baik. Adapun diantara profesionalitasnya adalah ahli/pakar dalam hal menguasai materi, etika profesi yang berakhlakul karimah dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmu. Kedua, meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Pai di Mi Miftahul Huda Cinta Karya sudah bisa dikatakan baik diantanya dilihat dari akademisi, mengikuti workshop, pelatihan dan reward semangat. Ketiga, faktor pendukung Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Pai di Mi Miftahul Huda Cinta Karya yakni mayoritas warga setempat beragama islam, lembaga yang ada adalah yayasan islam, dan guru yang diberi tugas mempunyai latar belakang pendidikan pai. Faktor penghambat Profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Mi Miftahul Huda Cinta Karya yakni kurangnya sarana buku-buku pai, kurangnya pemahaman teknologi dalam menyampaikan materi, dan kurangnya dukungan finansial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag.,M.Hum 2. Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Profesionalitas, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:59
Last Modified: 20 Jun 2022 06:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.