PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) BERBASIS PINJAMAN ONLINE DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

IIM SAPUTRA NOPTABI, NIM. 502018351 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) BERBASIS PINJAMAN ONLINE DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018351_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018351_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
502018351_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
502018351_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
502018351_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
502018351_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502018351_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan Hukum Data Pribadi Financial Technology (Fintech) Berbasis Pinjaman Online Ditinjau Dari Undang – Undang Perlindungan Konsumen IIM SAPUTRA NOPTABI Perkembangan teknologi saat ini melahirkan suatu inovasi – inovasi baru, salah satunya dalam sektor jasa keuangan. Inovasi pada sektor jasa keuangan saat ini adalah munculnya Financial Technology (Fintech) yang salah satu jenisnya adalah pinjaman online dengan memanfaatkan aplikasi pada perangkat smartphone. Namun dalam persayarat pengajuan pinjaman online tersebut pengguna aplikasi yang ingin meminjam uang diwajibkan mengisi beberapa data pribadi seperti identitas KTP, Identitas Pekerjaan, hingga nomor IMEI. Data - data pribadi yang diberikan sebagai syarat suatu pengajuan pinjaman ini sering disalahgunakan. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perlindungan Hukum Data Pribadi Financial Technology (Fintech) Berbasis Pinjaman Online Ditinjau Dari Undang – Undang Perlindungan Konsumen Serta Bagaimana Akibat Hukum Pelanggaran Data Pribadi yang Dilakukan Perusahaan Financial Technology (Fintech) Berbasis Pinjaman Online Ditinjau dari Undang – Undang Perlindungan Konsumen. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian hukum Normatif yaitu penelitian yang ditunjukan untuk mengkaji kualitas dari norma hukum itu sendiri, dengan mempergunakan data sekunder berupa penelitian keperpustakaan (Library Research) dengan mengkaji ketentuan perundangundangan, peraturan – peraturan pelaksanaanya yang mempunyai hubungan langsung dengan permaslahan ini. Kesimpulan Penelitian ini bahwa perlindungan hukum data pribadi konsumen telah diatur oleh Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 20 tahun 2016 tentang Kerahasiaan, Keutuhan dan Keamanan Data atau Informasi Pribadi Konsumen dan Akibat Hukum Pelanggaran Data Pribadi yaitu sudah jelas diatur di Pasal 47 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Adalah Sanksi Administratif yaitu penghentian sementara kegiatan, penghapusan atau pemusnahan data pribadi, ganti rugi, dan denda administratif. lalu terdapat Rancangan Undang – Undang Perlindungan Data Pribadi yang mengatur sanksi pidana. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Data Pribadi, Financial Technology (Fintech), Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Dr. Serlika Aprita, SH, MH Pembimbing Skripsi 2 : Mona Wulandari, SH, MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Data Pribadi, Financial Technology (Fintech), Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:53
Last Modified: 09 Jun 2022 05:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.