PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 PALEMBANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

CECILIA INDRIANI, NIM. 93220003 (2002) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 PALEMBANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93220003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93220003_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
93220003_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
93220003_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
93220003_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
93220003_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
93220003_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
93220003_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI MAN 1 Palembang menggunakan model discovery learning melalui penelitian tindakan kelas. Ada 2 siklus selama dilakukan PTK, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dengan subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 1 Palembang tahun pelajaran 2021/2022 semester genap. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah peserta didik. Hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 53,33% (rata-rata nilai 68) sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 83,33% (rata-rata nilai 81). Sikap ilmiah peserta didik pada siklus I dengan indikator rasa ingin tahu sebesar 69,72% (baik), sikap toleransi 71,11% (baik), sikap disiplin 68,33% (baik), sikap jujur 67,22% (baik), dan keteliitan sebesar 70,28% (baik), Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,83% (sangat baik) pada indikator rasa ingin tahu, 85,56% (sangat baik) pada sikap toleransi, 84,44% (sangat baik) pada sikap disiplin dan 85,00% (sangat baik) pada sikap jujur dan 84,45% (sangat baik) pada sikap ketelitian. Kata Kunci: Hasil belajar, sikap ilmiah, discovery learning, sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Dr. Meli Astriani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, sikap ilmiah, discovery learning, sistem pernapasan manusia
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:33
Last Modified: 08 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.