OPTIMASI POLA KOMBINASI PRODUKSI PEMBIBITAN TANAMAN HIAS DAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN ILIR BARAT I KOTA PALEMBANG

PIJAI AZHARI, NIM. 412017047 (2022) OPTIMASI POLA KOMBINASI PRODUKSI PEMBIBITAN TANAMAN HIAS DAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN ILIR BARAT I KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
412017047_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya dan pendapatan yang diperoleh petani dengan pola usahatani yang telah dilakukan dan menganalisis perencanaan penjualan pembibitan tanaman hias dan buah-buahan menggunakan pola kombinasi optimal yang dapat memaksimalkan pendapatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan dari bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2021. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu salah satu metode Non Random Sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh peneliti. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisa Linear Programming POM-QM for Windows 5, model fungsi tujuan (Zmax) = Sikas X1 + Monstera X2 + Bougenvile X3 + Gelombang Cinta X4 + Kembang Sepatu X5 + Mawar X6 + Keladi X7 + Mangga X8 + Jambu Air X9 + Lengkeng X10 + Durian X11 + Alpukat X12 + Rambutan X13 + Sawo X14 dengan keterbatasan sumberdaya faktor produksi (constraint) berupa modal, tenaga kerja (HOK) dan lahan. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini ditujukan hanya 1 petani dengan kriteria petani sebagai pelaku usaha penjualan pembibitan tanaman hias dan bibit buah-buahan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil analisis optimasi menunjukkan bahwa petani tanaman hias dan bibit buah buahan belum berproduksi secara optimal karena terdapat selisih pendapatan antara keadaan optimal dan keadaan actual pada depot Budi Prasetyo, tingkat pendapatan setelah dilakukan optimalisasi didapatkan hasil sebesar Rp 17.876.295 lebih besar dari pendapatan aktual sebesar Rp. 9.355.587. Pola kombinasi optimal untuk dapat memaksimalkan pendapatan terdapat pada variabel fungsi kendala yang sensitif terhadap perubahan yaitu kendala tenaga kerja belum optimal karena memiliki status yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini,S.P.,M.Si 2. Inneke Abdillah Fahmi, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi pendapatan
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:14
Last Modified: 06 Jun 2022 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.