PERANAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA SUNGAI REBO KECAMATAN BANYUASIN 1 KABUPATEN BANYUASIN

SYAIFANIS HARDI, NIM. 502018323 (2022) PERANAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA SUNGAI REBO KECAMATAN BANYUASIN 1 KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018323_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
502018323_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
502018323_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
502018323_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
502018323_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
502018323_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
502018323_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Salah satu tugas Badan Permusyawaratan Desa adalah membahas dan merancang peraturan desa. Di mana yang menjadi rumusan masalah adalah: apakah peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD ) dalam pembentukan peraturan desa di desa sungai Rebo Kabupaten Banyuasin sudah berjalan secara efektif? Penelitian skripsi ini ditujukan untuk mengetahui peranan Badan Permusyawaratan Desa dalam proses pembahasan rancangan Peraturan Desa (Perdes) di Desa Sungai Rebo Kecamatan Banyuasin Kabupaten Banyuasin, mencari dan mengungkapkan beberapa faktor penyebab belum berperannya Badan Permusyawaratan Desa dalam proses pembentukan Peraturan Desa (Perdes) di Sungai Rebo Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin; dan untuk mengetahui upaya dalam memperkuat tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam membuat Peraturan desa di Desa Sungai Rebo Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin. Dalam penelitian dan penulisan skripsi ini penulis menggunakan Metode penelitian empiris. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan peranan dari BPD Desa Sungai Rebo yang menjadi ukuran dalam menilai kinerja organisasi tersebut secara umum dinilai belum optimal, namun terlepas dari penilaian masyarakat tersebut ternyata masih ditemukan sejumlah fakta yang apabila dikaitkan dengan indikator-indikator kinerja organisasi menunjukkan bahwa ada beberapa indikator kinerja yang belum terpenuhi dalam struktur keanggotaan BPD Desa Sungai Rebo yaitu masih adanya sejumlah elemen Masyarakat yang belum sepenuhnya terwakili dalam struktur keanggotaan lembaga tersebut. Selain itu, BPD Sungai Rebo untuk masa bakti 2020 sampai 2026 seluruhnya merupakan berstatus anggota BPD pengganti, di mana anggota BPD sebelumnya sudah banyak yang tidak aktif. Upaya-upaya yang dilakukan untuk memperkuat peranan BPD yaitu perlunya mengintensifkan bentuk-bentuk pembinaan dan pemberian keterampilan-keterampilan teknis kepada para anggota BPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Hj. Sri Suatmiati, SH., M.Hum 2. Hj. Siti Mardiyati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Peranan, Badan Permusyawaratan Desa dan Peraturan Desa
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Negara dan Bangsa
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:20
Last Modified: 04 Jun 2022 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21205

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.