TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI INSTAGRAM MENURUT UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

LIRA DUTA, NIM. 502018137 (2022) TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI INSTAGRAM MENURUT UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018137_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502018137_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018137_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
502018137_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
502018137_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
502018137_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018137_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI INSTAGRAM MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Oleh: LIRA DUTA Kemajuan teknologi dan informasi saat ini memudahkan dalam berkomunikasi hingga dalam melakukan transaksi, seperti transaksi jual-beli. Transaksi jual beli saat ini dapat dilakukan secara online atau disebut dengan transaksi elektronik atau electronic commerce (e-commerce) jual beli menurut istilah terminologi yaitu tukar menukar barang atau barang dengan uang yang dilakukan dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar merelakan. Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial populer dalam kalangan pengguna telefon pintar (smartphone). Instagram dapat dikatakan sebagai aplikasi untuk mengirimkan informasi secara cepat, yakni dalam bentuk foto yang dapat diolah, diedit dan dibagikan, termasuk ke jaringan sosial yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat hukum yang timbul apabila penjual dalam transaksi jual beli melakukan wanprestasi dan untuk mengetahui kewajiban para pihak dalam transaksi jual beli melalui instagram. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yaitu jenis penelitian yaitu jenis penelitian yang bersifat deskriptif atau menggambarkan membahas doktrin-doktrin atau asas-asas dalam ilmu hukum. Penelitian ini menggunakan jenis teori dan sumber hukum yang terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan literatur, undang-undang, dan dokumen yang behubungan dengan objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian Penjual yang melakukan wanprestasi harus bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukan terhadap pembeli. Pihak pembeli yang merasa dirugikan karena perbuatan wanprestasi yang dilakukan pihak menjual maka sesuai dengan Pasal 38 dan 39 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hak dari penjual menerima harga barang yang telah dijualnya dari pihak pembeli sesuai dengan kesepakatan harga antara kedua belah pihak. Sedangkan hak dari pembeli menerima barang yang telah dibelinya dari pihak penjual dengan kesepakatan antara kedua belah pihak Kata kunci : Transaksi Elektronik, Jual Beli, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi 1 : Dr. Nur Husni Emilson, S.H., S.Pn., M.H., Pembimbing Skripsi 2 : Rusniati, S.E., S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Transaksi Elektronik, Jual Beli, Instagram
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:18
Last Modified: 04 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.