PERTANGGUNG JAWABAN PENGELOLA PARKIR ATAS RUSAK ATAU HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LINGKUNGAN PEMDA KOTA PALEMBANG

NADIATUL HAQ, NIM. 502018129 (2022) PERTANGGUNG JAWABAN PENGELOLA PARKIR ATAS RUSAK ATAU HILANGNYA KENDARAAN BERMOTOR DI LINGKUNGAN PEMDA KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018129_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
502018129_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
502018129_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
502018129_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
502018129_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
502018129_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
502018129_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)

Abstract

Salah satu diantaranya aspek kehidupan yang terpengaruh dengan berkembangnya zaman adalah kebutuhan transportasi. Sekarang ini hampir semua orang dari seluruh kalangan memiliki kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil, dan dari tahun ke tahun jumlah kendaraan meningkat drastis, hal ini menyebabkan bisnis perparkiran di tempat-tempat umum semakin menjamur.Keluhan-keluhan konsumen terhadap permasalahan parkir khususnya di daerah Kota Palembang dapat didengar melalui media massa elektronik maupun cetak. Permasalahan tersebut disebabkan faktor perkembangan zaman yang mengkibatkan peningkatan kendaraan dari tahun ke tahun, padatnya lalu lintas karena letaknya di pusat kota dan banyaknya pengunjung yang mendatangi kawasan tersebut. permasalahan yang terjadi menimbulkan kerugian bagi konsumen seperti kehilangan kendaraan, kehilangan barang-barang pada kendaraan ataupun kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh perbuatan ketiga dan tak luput dari pengawasan pengelola parkir. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pertanggungjawaban pengelola parkir atas rusak atau hilangnya di lingkungan Pemda Kota Palembang dan Bagaimana Sanksi pengelola parkir jika terjadi kehilangan atau kerusakan kendaraan di lingkungan parkir atas rusak atau hilangnya Pemda Kota Palembang . Metode dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan. Pengelola parkir ketika terjadi kehilangan kendaraan sebenarnya sudah diamanatkan dalam Pasal 102 Ayat (1 ) huruf f PP LLAJ mengatur penyelenggara parkir wajib untuk “mengganti kerugian kehilangan dan kerusakan kendaraan yang diparkir sesuai dengan ketentuan perundang-undangan”. Sedangkan, mengenai tulisan yang berbunyi “Segala kehilangan atau kerugian adalah tanggung jawab pengelola parkir” sehingga kesimpulan yang didapat Tanggung Jawab pengelola parkir adalah Jika terjadi suatu kerusakan atau kehilangan kendaraan milik konsumen di Lingkungan Pemda Kota Palembang maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pengelola parkir dan Sanksi bagi Pengelola parkir apabila terjadi kerusakan atau kehilangan jasa perparkiran diwajibkan mengembalikkan kerugian yang telah terjadi yaitu sanksi admistratif dengan jumlah yang telah disepakati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rosmawati, SH., MH 2. Burhanuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Yuridis, Kendaraan Transportasi, Konsumen dan Juru Parkir
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Jun 2022 07:00
Last Modified: 04 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.