PERJANJIAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR SECARA KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN NAMA ORANG LAIN

MUHAMAD GUSTI DWI PUTRA, NIM. 502018018 (2022) PERJANJIAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR SECARA KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN NAMA ORANG LAIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
502018018_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
502018018_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
502018018_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
502018018_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
502018018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
502018018_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Fenomena pembelian kendaraan bermotor secara kredit dengan mengguankan nama orang lain sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum, karna besarnya kebutuhan masyarakat dengan kendaraan bermotor baik untuk pencapaian kebutuhan dalam bidang usaha maupun kebutuhan sehari-hari. Terkait dengan masalah ini penulis merasa penting untuk diteliti karna penulis mengharapkan hasil penelitian ini menjadi rujukan atau pertimbangan bagi masyarakat dalam melakukan perjanjian kredit, Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini merupakan penelitin hukum empiris yang bersifat deskriptif (menggambarkan ) dan tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Study Dokumen dengan cara mengambil data primer, yaitu data yang telah dikumpulkan atau tersedia untuk peneliti dari pihak lain. Analisa data, dilakukan secara kualitatif yang dipergunakan untuk mengkaji aspek- aspek empiris melalui metode yang bersifat deksriptif analitis yang menguraikan gambaran dari data yang diperoleh melalui wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung dan menghubungkannya satu sama lain untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang bersifat umum. perjanjian pembelian kendaraan bermotor secara kredit dengan menggunakan nama orang lain dapat dilakukan karena adanya kendala yang terjadi pada identitas pribadi konsumen, kendala yang pertama biasanya data pribadi konsumen mengalami penolakan atau reject, kendala yang kedua yakni kekurangan syarat pengajuan kredit, dan kendala yang ketiga ialah tempat tinggal domisili konsumen tidak cover area leasing. Sehingga konsumen melakukan pembelian kredit kendaraan dengan menggunakan nama atau identitas orang lain walaupun hal tersebut tidak dibenarkan akan tetapi hal tersebut dapat dilakukan sesuai dengan alasan-alasan tertentu. Resiko pada orang yang meminjamkan identitasnya dalam pembelian kredit kendaraan bermotor kepada orang lain yaitu dalam segi kerugiannya, identitas orang yang meminjamkan akan cacat di BI Checking, kerugian yang kedua apabila dalam masa kredit, konsumen atau pengguna kendaran melakukan penjualan motor dalam masa kredit, jika diketahui oleh pihak leasing maka orang yang terdapat dalam identitas diperjanjian kredit tersebut akan terkena dampaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Arief Wisnu Wardhana, SH., M.Hum 2. Atika Ismail, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Pembelian Kendaraan Bermotor, Kredit
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Jun 2022 07:01
Last Modified: 04 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.